20+ Cara Membedakan Hp Samsung Asli/ Palsu (Kw, Tiruan, Supercopy)

Pentingnya mengetahui cara membedakan hp samsung asli/ palsu (kw, tiruan, supercopy, replika, clone, fake) dan sebagainya itu yaitu untuk mempermudah kita semua mendapat handphone yang original sehingga puas ketika menggunakannya. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut mari kita simak mengapa perusahaan Korea Selatan ini memberi nama “Samsung” pada semua produknya?

Samsung yang dalam bahasa Korea berarti "tiga bintang" sengaja dipilih oleh sang pendiri, Lee Byung-chull yang mempunyai harapan ingin mendirikan perusahaannya menjadi besar dan abadi menyerupai bintang di langit memang kian terwujud. Hal itu sanggup dibuktikan dengan laku manisnya produk kamulan Samsung terutama smartphone di pasar gadget.

Tak heran kalau perusahaan pembuat HP KW menyebabkan Samsung sebagai sasaran untuk ditiru mengingat vendor asal Korea Selatan ini memang telah tersohor dengan kualitas produknya telah diakui diseluruh pelosok dunia.

Seperti kata pepatah “Semakin tinggi sebuah pohon, maka semakin kencang pula angin yang menerpa”. Itulah kata pepatah yang sempurna untuk Samsung barang kali. Bahkan, pada tahun 2017 ketika Samsung belum resmi merilis smartphone premium full screen yakni Galaxy S8, produk replikanya justru lebih dulu beredar.

Sangat ironis memang, belum rilis saja sudah tersedia versi KW dari Samsung S8 alasannya produsen pembuat HP tiruan tersebut sudah memprediksi bahwa akan ada banyak peminat yang doyan dengan HP flagship tersebut.

Sebagai konsumen yang cerdas tentu kita dituntut untuk mengetahui bagaimana cara membedakan HP Samsung orisinil dan palsu semoga tidak tertipu dengan produk KW, supercopy, replika, cloning, dan sebagainya itu yang merugikan kedua belah pihak baik Samsung sendiri yang sebagai produsen maupun konsumen  sebagai pencinta gadget.

Para produsen palsu ini memang cerdik dalam membuat cloning handphone, mereka akan menggandakan brand populer dan telah terbukti mempunyai banyak peminat dipasaran yang sanggup dilihat dari laku manisnya penjualan smartphone itu.

Tidak hanya Samsung, beberapa brand populer yang sering banyak dibentuk replika menyerupai handphone Apple, Sony, Oppo, HTC, Lenovo, Xiaomi, Asus, dan masih banyak lagi yang sanggup mereka tiru dari device yang sudah mempunyai pamor baik di mata konsumen.

Biasanya pelaku yang suka membuat barang KW mempunyai sikap menggandakan yang professional sehingga hasil jiplakannya akan sangat persis dengan produk Samsung orisinil baik dilihat dari body handphone hingga software yang digunakannya.

Keahlian menggandakan suatu produk sanggup dengan sangat gampang mereka lakukan alasannya perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga membuat sebuah mesin yang sanggup melaksanakan duplikasi dengan cepat menyerupai halnya mesin 3D scanner.

Keberadaan mesin 3D scanner yang seharusnya membantu mempermudah pekerjaan insan justru disalah gunakan untuk membuat produk palsu yang bersifat merugikan banyak kalangan dan bahkan bisa merusak reputasi produsen sebuah handphone.

Cara kerja mesin 3D scanner yakni dengan menentukan beberapa komponen yang akan ditiru, kemudian dilakukan scanning kemudian kesannya masuk ke perangkat lunak komputer kemudian dilakukan pengeditan dan terakhir mencetaknya menggunakan pabrik HP yang telah dirakit sedemikian rupa untuk mematuhi perintah PC.

Alhasil cetakan yang dibentuk dengan mesin 3D scanner ini akan sangat persis dengan produk Samsung orisinil dan sangat sulit untuk membedakannya. Namun, pihak Samsung tentu sudah menyiapkan banyak sekali cara supaya konsumen bisa mengetahui perbedaan produk Samsung ori dan KW tersebut.

Inilah 20+ Cara Membedakan HP Samsung Asli/ Palsu (KW, Tiruan, Supercopy)

Berikut ini, akan merangkum beberapa cara untuk mengecek Samsung Asli/ Palsu (KW, Tiruan, Supercopy) untuk memastikan keaslian perangkat yang akan kita beli, silahkan simak.

1) Cek IMEI Samsung
Jika kau belum membeli HP Samsung tersebut, kau bisa melihat nomor IMEI yang ada pada dus box perangkat. Kamu cukup mencatat nomor tersebut, kemudian pergi ke website resmi Samsung atau ke www.imei.info untuk mengetahui keaslian IMEI Samsung tersebut.


Jika kau membeli HP Samsung batangan yang tidak ada dus box-nya maka kau bisa membuka sajian Telepon kemudian ketik *#06# maka akan muncul 15 digit nomor IMEI kemudian silahkan kau cocokkan pada website resmi Samsung atau link di atas.

Selain untuk mengetahui ciri HP Samsung asli, fungsi lain dari arahan IMEI yakni untuk mengetahui dari negara mana HP Samsung tersebut dibuat, contohnya ada arahan IMEI menyerupai ini: 356406050180933. Kamu bisa perhatikan klarifikasi di bawah!

HINDARI fokus pada 15 digit IMEI di atas alasannya bisa membuat kau pusing hehehe... Kamu cukup perhatikan deret urutan ke 7 dan 8 pada pola IMEI di atas, kemudian sesuaikan dengan Samsung kau dan lihat keterangan ini:
  • 08 atau 80 : Produksi Jerman (Kualitas tidak mengecewakan bagus)
  • 05 : Produksi Amerika (Kualitas sangat bagus)
  • 04 : Produksi Korea (Kualitas terbaik dunia)
  • 03 : Produksi Kanada (Kualitas terjamin baik)
  • 02 atau 20 : Produksi Asia (Kualitas jelek)
  • 01 atau 10 : Produksi Finlandia (Kualitas normal)
  • 00 : Produksi Perancis (Kualitas sangat baik)

Jika kau sudah tahu cara melihat asal Negara HP Samsung tersebut dibuat, maka kini kau sudah bisa menilai kualitasnya. Apakah baik, buruk atau justru tidak ada dalam daftar di atas? Maka kau patut curiga dan kau bisa menanyakannya ke service center terdekat untuk memastikan keasliannya.

2) Kelengkapan Aksesoris
Kamu bisa cek apakah HP Samsung yang kau beli menyertakan aksesoris yanglengkap dalam boks sesuai stkamurnya atau tidak. Pada kita amati dengan jeli, maka pada HP Samsung orisinil tentu aksesoris yang diberikan lengkap menyerupai kabel, adapter, dan earphone dan tertata dengan rapi dalam boxs.


Untuk melihat tipe HP Samsung yang akan kau beli mendapat aksesoris apa saja, kau bisa melihat terlebih dahulu video review-nya di youtube, facebook dan media menyebarkan video lainnya untuk memastikan keakuratan informasi mengenai perangkat tersebut.

3) Kejernihan Layar Samsung
Biasanya layar menjadi patokan yang akurat untuk membedakan Samsung asli, dimana Samsung palsu akan mempunyai kualitas layar yang cenderung lebih buram sehingga kontras dan ketajaman gambar pada layar sangat berbeda jauh dengan Samsung asli.


4) Presisi Tombol Home Dengan Layar
Cara selanjutnya yang bisa kau yaitu dengan melihat tombol Home. Pada HP Samsung asli, jarak antara tombol Home dengan layar niscaya berdekatan. Berbeda dengan Samsung palsu atau replika, jarak antara tombol Home dan layar sangatlah renggang, atau bahkan tombol tersebut berada sempurna ditengah-tengah.


5) Perhatikan Charger
Charger HP Samsung orisinil tentunya mempunyai perbedaan dari Samsung palsu dimana Kamu bisa mengamati pada colokan charger. Sementara charger Samsung asli, pada pangkal charger ukurannya lebih besar kemudian terlihat ada lekukan kemudian bentuknya mengecil hingga ke ujung.


Jika kau lihat sekilas colokan tersebut menyerupai ada sambungan. Berbeda dengan Samsung palsu dimana colokannya terlihat lurus tanpa ada lekukan sedikitpun.

6) Tulisan SEIN Pada Stiker Hologram
Ternyata adanya stiker hologram SEIN tidak menjamin keaslian HP Samsung. Ada sumber yang menyebutkan bahwa goresan pena atau logo SEIN pada Samsung orisinil berada pada 3 garis yang ada pada stiker hologram. Berbeda dengan Samsung palsu dimana goresan pena SEIN berada di bawah 5 garis.


7) Logo Saat Start Up
Jika pada ketika kau menghidupkan handphone Samsung perhatikan logo yang muncul. Kebanyakan Samsung palsu yang KW biasanya muncul logo Samsung namun sedikit abnormal tidak menyerupai logo Samsung asli.


8) Pakai Kode Rahasia Samsung
Kamu bisa ketik arahan *#0*# pada sajian Dial Phone HP Samsung tersebut, kemudian akan muncul sajian General Test sempurna menyerupai pada gambar di bawah ini.


Kemudian kau lakukan pengecekan dengan tekan salah satu sajian yang muncul pada layar HP Samsung tersebut seperti

a) Menu Red, yaitu mengecek kontras warna merah yang dihasilkan HP Samsung. Jika tingkat kecerahan warna merah di layar  Samsung maksimal sanggup pastikan kondisi kontras Red color tersebut tidak ada masalah.

b) Menu Green, yaitu mengecek kontras warna hijau yang dihasilkan pada layar Samsung. Jika tingkat kecerahan warna hijau tersebut maksimal maka sanggup dipastikan kondisi kontras Green color pada layar tidak ada masalah.

c) Menu Blue, yaitu mengecek kontras warna biru yang dihasilkan layar Samsung. Jika tingkat kecerahan warna biru maksimal maka sanggup dipastikan kondisi kontras Blue color dilayar tidak ada dilema sama sekali.

d) Menu Receiver, yaitu mengecek tkamu pemberitahuan adanya penerimaan. Jika kau tekan tombol Receiver maka Samsung akan otomatis mengeluarkan bunyi. Amati bunyi tersebut, bila terdengar nyaring dan tidak ada bunyi berisik artinya bunyi pemberitahuan aman.
e) Menu Vibration, yaitu menguji getaran pada HP Samsung. Jika kau tekan tombol Vibration maka otomatis smartphone kau akan bergetar. Rasakan getaran itu dengan baik, Jika tersendat-sendat berarti ada dilema namun kalau lancar artinya aman.

f) Menu Dimming, yaitu mengecek Samsung dalam keadaan diam. Jika tombol Dimming ini ditekan akan memunculkan tiga warna yakni merah, hijau, dan biru. Apabila ketika ketiga warna itu muncul kemudian kita menyentuh bab layar maka layar Samsung akan redup yang artinya fitur tersebut berfungsi dengan baik.

g) Menu Mega Cam, yaitu mengecek kamera utama Samsung. Jika kau tekan Mega Cam maka aplikasi kamera utama akan terbuka. Silahkan kau ambil beberapa picture menggunakan kamera belakang Samsung untuk menguji kualitas gambar.

h) Menu Sensor, yaitu mengecek akselerasi perangkat Samsung kau apakah bisa dengan cepat responsive ketika layar portrait dan landscape. Jika memang lancar berarti sensor Accelerometer itu masih aman.

i) Menu Touch, yaitu mengetes kepekaan layar ketika disentuh. Untuk kembali pada sajian general mode berikutnya, kau wajib menyentuh semua kotak yang telah direkomendasikan. Apabila ketika disuntuh semua garisnya mengikuti dengan responsive artinya tidak ada hambatan yang berarti.

j) Menu Sleep, yaitu mengecek posisi dimana kau akan membuat tidur HP Samsung atau berada dalam keadaan lock screen. Silahkan kau tes sendiri fitur ini alasannya sangat gampang sehingga tidak perlu lagi untuk dijelaskan secara panjang lebar.

k) Menu Speaker, mempunyai kegunaan mengecek kejernihan bunyi dari Samsung yang kau miliki. Jika tombol Speaker ini ditekan maka akan menghasilkan bunyi atau lagu yang lezat banget didengar. Jika suaranya tersendat-sendat sudah niscaya ada dilema pada speaker Samsung tersebut.

l) Menu Sub Key, yaitu mempunyai kegunaan menguji semua tombol yang ada di Samsung masih berfungsi dengan baik atau tidak. Setelah kau menekan tombol Sub Key ini silahkan kau tekan semua tombol fisik yang ada di Samsung.

Mulailah menekan dari tombol power, tombol home, tombol menu, dan tombol back, volume atas dan volume bawah. Lakukan secara satu persatu hingga semua tombol tersebut di tekan. Ketika kau menekan salah satu dari tombol fisik di Samsung maka akan keluar warna yang berbeda-beda.

m) Menu Front Cam, yaitu menguji kamera depan pada HP Samsung. Jika kau tekan sajian Front Cam ini maka aplikasi kamera depan akan terbuka. Kemudian kau ambil beberapa gambar menggunakan kamera sekunder ini untuk menguji kualitas gambarnya.

n) Menu Black, yaitu mengecek kontras warna hitam yang dihasilkan pada HP Samsung. Apabila tingkat kecerahan warna hitam tersebut maksimal maka sanggup dipastikan kondisi kontras Black color pada Samsung tidak ada masalah.

Selain arahan *#0*#, ada arahan lain yang bisa kau dipakai untuk mengecek keaslian HP Samsung yang sangat wajib kau tes. Adapun arahan itu antara lain:
  • Kode untuk melihat SW version PDA, CSC, dan Modem yaitu *#1234#
  • Kode untuk mengetahui Info SW dan HW info yaitu *#12580369#
  • Kode cek service mode yaitu *#197328640#
  • Kode cek ADC reading yaitu *#0228#
  • Kode cek info pengkodean yaitu *#32489#
  • Kode mengetahui alamat Bluetooth yaitu *#232337#
  • Kode cara Test Mode Bluetooth yaitu *#232331#
  • Kode IMEI Samsung S8 yaitu *#06#
  • WLAN (WiFi) Test Mode yaitu *#232339#
  • Test History yaitu *#07#

9) Support Samsung KIES
Kamu yang sudah pernah menggunakan HP Samsung mungkin tidak asing dengan keberadaan Samsung KIES. Buat kau yang belum tahu, KIES merupakan aplikasi pelengkap di komputer atau laptop semoga HP Samsung sanggup terhubung dengan mudah.


Untuk cek apakah HP Samsung kau orisinil atau palsu juga cukup gampang kok dengan cukup menghubungkan HP ke komputer kemudian menjalankan aplikasi KIES. Jika Samsung kau orisinil maka seharusnya seluruh informasi pabrikan dari perangkat milik kau akan eksklusif muncul disana.

10) Cek Spesifikasi HP Samsung
Salah satu cara yang tidak kalah jitunya untuk mengetahui apakah HP Samsung orisinil atau palsu bisa melalui aplikasi pihak ketiga. Kamu hanya membutuhkan aplikasi menyerupai AnTuTu, Geekbench, atau CPU-Z yang bisa menampilkan seluruh spesifikasi secara detil dan menyesuaikannya dengan spesifikasi resmi di situs Samsung.


Produk palsu menyerupai HP Samsung Super Copy niscaya selalu mempunyai spesifikasi yang jauh lebih rendah dari aslinya sehingga cukup gampang untuk dibedakan.

11) Ada Tulisan Samsung
Sebelum mulai dengan mengecek sistem atau jeroan, kau bisa memulai dengan mengecek bab sisi eksterior terlebih dulu. Salah satunya yakni dengan memperhatikan goresan pena Samsung yang tertera pada body HP.


Jika kau menemukan HP Samsung tapi tidak ada goresan pena Samsung pada perangkat tersebut, maka sanggup dipastikan bahwa itu yaitu Samsung palsu.

12) Gosok Tulisan Samsung
Jika goresan pena Samsung tersebut ada, maka coba kau gosok goresan pena Samsung itu menggunakan kuku secara terus menerus, kalau nantinya goresan pena tersebut mengelupas maka HP Samsung itu niscaya palsu atau replika.

13) Jenis dan Ukuran Tulisan Samsung
Coba kau perhatikan goresan pena Samsung yang tertera pada bab depan atau belakang. Kalau HP tersebut palsu atau replika, maka goresan pena Samsung terkesan abnormal baik itu bentuk karakter yang tidak simetris, tulisannya yang terlalu tebal, ataupun tulisannya terlalu kecil atau bahkan terlalu besar.

Untuk HP Samsung asli, goresan pena tersebut dicetak mantap dimana bentuk hurufnya simetris, tidak terlalu tipis atau tebal dan juga ukuran hurufnya proposional menyesuaikan dengan body HP Samsung.  Intinya, kalau HP Samsung palsu bentuk hurufnya berbeda sehingga terlihat abnormal sob….

14) Perhatikan Bahan Casing
Namanya juga HP palsu, niscaya dibentuk dengan materi atau material yang murahan. Ini juga bisa Kamu jadikan tolak ukur ketika hendak membeli HP Samsung baru, yaitu perhatikan kualitas bodynya. Samsung orisinil pastinya punya kualitas material casing yang sesuai dengan harganya, baik berjenis plastik ataupun metal.

Samsung palsu alias replika tentunya punya kualitas body casing yang buruk dan terkesan murahan, bahkan hanya lewat pkamungan biasanya bisa terlihat jelas. Misalnya, kau membeli HP Samsung S7 Edge yang menggunakan materi kaca, tapi yang ditawarkan ke kau justru berbahan metal atau plastik maka itu sudah niscaya KW.

Selain itu, HP Samsung palsu warna yang ada pada bodynya biasanya kurang sesuai. Misalnya, untuk warna pada body atau casing mempunyai warna putih pucat, sementara pada tombol lainnya menyerupai Home, Power, atau Volume warnanya putih terang. Hal ini pun bisa kebalikannya. Samsung orisinil tentu punya warna yang selaras untuk tiap-tiap bagiannya, tidak ada perbedaan warna yang terlalu mencolok sedikitpun.

15) Border pada Bezel Layar
Jika kau perhatikan dengan sangat jeli, border pada bezel Samsung orisinil dan palsu sangat jauh berbeda. Dimana bezel pada Samsung orisinil terbilang presisi dengan tingkatan HP, menyerupai bezel Samsung S7 Edge yang tipis dengan border hitam yang tipis pula.

Sementara border bezel pada Samsung replika sangat terlihat tebal sekali. Mungkin produsen KW agak sedikit kesulitan untuk menggandakan persis menyerupai aslinya atau mungkin juga mereka terlalu terburu-buru dalam membuat HP imitasi tersebut alasannya mengejar sasaran pemasaran sehingga kesannya kurang maksimal.

16) Kualitas Gambar Kamera
Samsung memang sudah populer dengan kualitas kamera yang mumpuni sehingga bakal menyajikan foto dengan kualitas terbaik alasannya punya resolusi yang tinggi. Kalau kau mendapat hasil foto dengan tampilan yang buram, banyak noise ataupun hal-hal yang mengganggu lainnya pada hasil foto, maka bisa jadi foto yang kau ambil menggunakan Samsung palsu.

17) Cek versi OS
Kamu juga bisa meastikan versi OS yang dipakai padaHP Samsung tersebut dengan pergi ke sajian Pengaturan => Tentang HP. Maka akan muncul versi OS yang digunakan, contohnya Samsung J5 Pro yang seharusnya menggunakan android 7.0 (Nougat) tetapi disana justru menggunakan versi android 6.0 (Marshmallow) atau versi OS yang lebih rendah, maka itu niscaya palsu.

18) Cek Versi Bluetooth
Ternyata para produsen palsu paling malas menggandakan versi Bluetooth mungkin alasannya harganya yang cenderung lebih mahal ketimbang bluetooht versi lama. Misalnya Samsung Galaxy Note 8 menggunakan Bluetooth versi 5.0 dan HP Samsung palsu biasanya menggunakan versi Bluetooth 4.1, versi 4.2 dan bahkan ada yang lebih rendah dari itu.

19) Keberadaan NFC
Memang tidak semua HP Samsung mengusung teknologi NFC, namun untuk hampir semua HP flagship Samsung menggunakan teknologi ini untuk melaksanakan pembayaran atau mentransfer foto dengan sangat cepat cukup dengan sekali sentuhan saja.

Jika kau membeli HP flagship Samsung kemudian mendekatkannya dengan HP flagship Samsung lainnya dan menyentuh foto digaleri maka gambar tersebut akan secara otomatis terkirim. Berbeda dengan HP Samsung palsu yang tidak akan bisa dipakai untuk mengirim foto.

20) Kelengkapan Sensor
Samsung biasanya akan membenamkan sensor kekinian pada perangkat premium terbarunya. Misalkan pada tahun 2017 Samsung menanamkan teknologi password fingerprint  dan sensor mata pada Samsung Galaxy Note 8. Nah, sensor-sensor ini tidak akan ada pada HP Samsung palsu.

21) Harga Menentukan Kualitas
Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa dipraktekkan. Bukan sebuah diam-diam lagi kalau harga dari produk-produk Samsung palsu niscaya berbeda jauh dengan harga produk Samsung asli, tak terkecuali dengan HP Samsung.

Kalau kau menemukan atau membeli HP Samsung dengan harga dimana 2 kali lipat lebih murah dibandingkan harga orisinil atau harga pasaran, maka besar kemungkinan itu merupakan Samsung palsu alias replika.

Kesimpulan
Waspadalah dalam membeli HP Samsung, pastikan kau membaca banyak rujukan yang membahas banyak sekali perbedaan HP Samsung dari segala sisi sehingga HP kau beli tersebut terjamin keasliannya.

Baca Juga: HP Samsung Asli Dibuat Dari Negara Mana?

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman kalin dan untuk melihat postingan lain seputar HP Samsung lainnya silahkan lihat di bawah! Demikianlah 20+ Cara Membedakan HP Samsung Asli/ Palsu (KW, Tiruan, Supercopy, Clone, Imitasi, Replika) dan sebainya. Salam manfaat dari .
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel