Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi

Xiaomi Inc secara harfiah "Teknologi Xiaomi", atau "Teknologi Beras Kecil" ialah sebuah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor sentra di Beijing yang berdedikasi untuk membuat pengalaman pengguna dari segala aspek. Lalu darimanakah nama Xiaomi ditemukan?

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok. Xiaomi merupakan biro smartphone cerdas terbesar ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual smartphone, aplikasi seluler, dan peralatan elektronik lainnya.

 ialah sebuah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pus Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi

 Sejak merilis smartphone pertamanya pada bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di daratan Tiongkok. Pendiri serta CEO Xiaomi ialah Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok berdasarkan majalah Forbes.

Perusahaan Xiaomi sekarang bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, pada tahun 2014 Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di dunia diikuti oleh Lenovo dan LG yang masing-masing berada urutan keempat dan kelima.

Baca Juga: 5 Cara Mengunci (Lock) Jaringan 4G Xiaomi 100% Work

Samsung masih tetap diurutan pertama meskipun produksinya menurun, dan diikuti Apple di urutan kedua. Xiaomi juga menjadi vendor smartphone terbesar di Tiongkok pada tahun 2014, sesudah menyalip Samsung, berdasarkan laporan IDC.

Dibalik perkembangan Xiaomi yang begitu pesat niscaya dari kita banyak yang bertanya-tanya mengapa perusahaan asal Beijing tersebut memberi nama perusahaannya dengan nama Xiaomi? Apa bergotong-royong makna dibalik nama Xiaomi dan bagaimana sejarahnya? Mari kita ulas sebagai berikut:

a) Makna Xiaomi Versi Steve Vickers
Steve Vickers, selaku General Manager Xiaomi Southeast Asia mengungkapkan belakang layar di balik nama Xiaomi ketika berkunjung di Indonesia tepatnya di di Jakarta Kamis (02/07) ketika program Iftar with Mi. Ia berkata: "Xiaomi artinya "little rice", yang didapat ketika kumpul bareng dengan orang-orang lingkungan sekitar yang sudah terbiasa konsumsi nasi tersebut."

 ialah sebuah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pus Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi
Steve Vickers

Nama ini sangat bagus, mengingat beras dikonsumsi oleh semua orang dari aneka macam kalangan. Dari kalangan kelas rendah sampai kelas atas, dari orang miskin sampai orang kaya. Semuanya mengkonsumsi makanan yang sama dan menjadi penghubung status soial di masyarakat.

Perusahaan Tiongkok ini optimis dengan nama Xiaomi, persahaan yang mereka berdiri bisa menyasar semua kalangan masyarakat sekaigus menjadi penghubung yang baik antara konsumen dan produsen sehingga tidak ada deskriminasi. Artinya, semua orang bisa merasakan produk modern besutan Xiaomi, bukan hanya orang kaya saja.

Hal itu terbukti ketika Xiaomi meluncur di Asia dan disambut baik oleh kalangan masyarakat dan bahkan ketika ini sudah mempunyai banyak fans di Indonesia. Di Facebook contohnya terdapat group berjulukan FORUM XIAOMI INDONESIA yang anggotanya sudah lebih dari 20 ribu orang. Selain itu juga terdapat channel Youtube berjulukan Maha Gadged yang banyak membahas tutorial penggunaan smartphone Xiaomi.

b) Filosofi Xiaomi Versi CEO Lei Jun
CEO Xiaomi yakni Lei Jun menyampaikan sesuatu yang lebih mengagumkan dibalik nama Xiaomi. Ia menyampaikan bahwa Etimologi nama Xiaomi berasal dari dua kata yakni "Xiao" yang diambil dari konsep Buddha yang berarti "sebutir beras dari Buddha ialah sama besarnya mirip gunung", sedangkan "mi" merupakan kependekan dari "Mobile Internet" dan juga "Mission Impossible" alasannya ialah ketika mendirikan perusahaan ini banyak kendala yang terlihat tidak mungkin namun sanggup diterjang dengan perlahan.

 ialah sebuah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pus Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi
CEO Xiaomi Lei Jun

Nama Xiaomi yang dijelaskan oleh CEO Lei Jun mempunyai makna dimana seorang Bhiksu (Brahmana) akan sangat menghormati beras meski hanya sebutir sekalipun, mereka akan mengumpulkannya dikit demi sedikit sehingga kesudahannya menjadi sekumpulan beras yang bisa dimasak dan bisa dinikmati alasannya ialah hal tersebut merupakan berkat dari Sang Buddha.

Baca Juga: 4 Cara Unik Screenshot Panjang di HP Xiaomi

Karena terinspirasi dari sikap Para Bhiksu-lah Xiaomi membuat beberapa produk dan mengumpulkan laba meski kecil sekalipun namun akan terus bertambah banyak seiring berkembangnya perjuangan dan popularitas produknya dipasaran sehingga laba tersebut menjadi banyak dan bisa dipakai untuk mengelola perusahaan menjadi lebih maju.

Disatu sisi CEO Lei Jun juga pernah menyampaikan bahwa nama Xiaomi ialah nama yang lucu. Pada tahun 2012, Dia menyampaikan bahwa nama Xiaomi ialah wacana revolusi dan bisa membawa penemuan ke tempat gres yang lebih baik.

c) Slokan Semangat Xiaomi
Untuk membuat produknya tetapeksis dimasyarakat, Xiaomi mempunyai slogan yang sangat anggun dan berbeda dengan vendor smartphone lainnya yakni "Just for fans" (hanya untuk penggemar). Mengapa slokannya demikian? alasannya ialah setiap langkah demi langkah kemajuan perusahaan Xiaomi dari jalan dipimpin oleh penggemar yang disebut "Mi Fans".

 ialah sebuah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pus Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi
Mi Fans Indonesia

Hal itu tidak sanggup dipungkiri, mengingat banyak dari staf Xiaomi, ternyata pada awalnya merupakan penggemar produk Xiaomi sebelum mereka memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan Xiaomi. Selain mempunyai tim yang penuh semangat, mereka (tim) juga mempunyai sikap yang sama, yaitu mengejar kesempurnaan tanpa henti dengan menyampaikan produk berkualitas yang dicintai masyarakat.

d) Sejarah Berdirinya Xiaomi
Menurut sejarahnya, perusahaan Xiaomi dimulai dari 8 kawan perusahaan yang bergabung pada tanggal 6 Juni 2010. Pendanaan awal berasal dari inverstor institusi, termasuk Temasek Holdings, perusahaan investasi milik pemerintah Singapura, China IDG Modal dan Qiming Venture Partners, dan perusahaan pengembang prosesor yakni Qualcomm.

 ialah sebuah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pus Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi

Xiaomi resmi meluncurkan firmware berbasis Android pertama kali dengan user interface berjulukan MiUi pada tanggal 16 Agustus 2010. Smartphone perdana tersebut kemudian diumumkan pada bulan Agustus 2011 dengan nama Xiami Mi 1. Pada masa itu, Xiaomi Mi 1 menggunakan firmware MIUI berbasis Android yang ibarat Ui TouchWiz milik Samsung dan iOS milik Apple.

Baca Juga: 5 Cara Cek Layar LCD Xiaomi Normal/Rusak

Pertanyaan sederhana, Mengapa Xiaomi memalsukan TouchWiz dari Samsung dan iOS dari Apple? Jawabannya ialah alasannya ialah dua perusahaan tersebut merupakan raksasa teknologi dimasa itu dan mempunyai paling banyak peminat serta sudah populer akan kualitasnya di mata masyarakat. Sehingga dengan memalsukan Ui dari Samsung dan Apple membuat Xiaomi optimis bahwa produk besutannya akan laku manis dipasaran.

Selanjutnya Xiaomi mengumumkan smartphone terbarunya berjulukan Xiaomi Mi 2 pada bulan Agustus 2012. Smartphone ini didukung oleh Snapdragon S4 Pro APQ8064 dari Qualcomm, 1.5 GHz quad-core Krait chip, RAM 2 GB, serta GPU Adreno 320. Produk tersebut laku manis sehingga Xiaomi menyampaikan pada tanggal 24 September 2013 bahwa Mi 2 telah terjual lebih dari 10 juta dalam waktu 11 bulan saja.

Mereka memasarkan Xiaomi Mi 2 melalui mediator yakni dijual oleh vendor HP nirkabel berjulukan MobiCity di Amerika Serikat, Eropa, Britania Raya, Australia, dan Selandia Baru. Berlanjut tanggal 5 September 2013, CEO Xiaomi Lei Jun secara resmi mengumumkan rencana peluncuran televisi cerdas berukuran 47 inci berkemampuan 3D berbasis Andorid, yang akan dirakit oleh pabrik televisi Wistron Corporation di Taiwan milik Sony.

Selanjutnya pada bulan September 2013, Xiaomi mengumumkan smartphone cerdas Xiaomi Mi 3, yang didukung oleh Snapdragon 800 (MSM8974AB) dan chipset Tegra 4 dari NVIDIA. Kemudian pada tanggal 25 September, Xiaomi mengumumkan rencana untuk membuka toko ritel di Beijing.

Xiaomi dilaporkan sebagai merek smartphone paling banyak dipakai ke-5 di Tiongkok pada bulan Oktober 2013. Berikutnya pada tahun 2013, Xiaomi telah berhasil menjual 18,7 juta perangkat cerdasnya dan pada pertengahan tahun 2014 sebanyak 26,1 juta smartphone.

Pada tahun 2014, Xiaomi mengumumkan akan memperluas pemasarannya ke luar Tiongkok. Xiaomi memulai debut internasionalnya ke Singapura. Markas internasional juga akan dibangun di ibukota negara, yang akan mengkoordinasikan semua aktivitas termasuk peluncuran produk di wilayah tersebut pada masa yang akan datang.

Redmi dan Mi 3 ialah smartphone yang pertama kali dijual di Singapura masing-masing pada tanggal 21 Februari dan 7 Maret. Pada tanggal 7 Maret, Mi 3 habis terjual dalam waktu 2 menit di Singapura. Setelah Singapura, Xiaomi juga masuk ke Malaysia, Filipina, dan India.

Kemudian, pada bulan-bulan berikutnya Xiaomi juga masuk ke Indonesia, dan akan melaksanakan perluasan ke Thailand, Rusia, Turki, Brasil, dan Meksiko. Pada tanggal 17 Maret 2014, phablet Redmi Note (dikenal juga sebagai Hongmi Note) diumumkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun dengan fitur layar HD 5,5 inci berteknologi layar OGS dan mempunyai prosesor octa-core dari MediaTek.

Ada dua varian dari Redmi Note, satu dengan RAM 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB dan yang satu lagi dengan RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Pada bulan April 2014, Xiaomi membeli domain gres dengan nama Mi.com dengan harga 3,6 juta dolar AS, atau sekitar 44,5 miliar rupiah.

Mi.com menjadi nama domain termahal yang pernah dibeli di Tiongkok, mirip yang dikatakan oleh seorang direktur senior Xiaomi. Mi.com menggantikan domain Xiaomi.com yang merupakan situs resmi Xiaomi. Pada kwartal 2 2014, Xiaomi telah mengirim 15 juta perangkat atau 14% dari pangsa pasar Tiongkok dan telah mengalahkan Samsung yang hanya mengirim kurang dari 13 juta perangkat.

Pada bulan Juli 2014, Xiaomi telah menjual 57.360.000 smartphone. Pada bulan November 2014, Xiaomi menyampaikan akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS atau sekitar 12,3 triliun rupiah untuk membangun konten televisi. Investasi ini bertujuan untuk memperkaya konten perusahaan dan menjadi penentu arah ekonomi bagi industri.

Pada bulan Desember 2014, Xiaomi menuntaskan putaran terbaru dari pembiayaan ekuitas yang dipimpin oleh dana teknologi berbasis di Hong Kong All-Stars Investment Limited, dana yang dikelola oleh mantan analis Morgan Stanley Richard Ji meningkatkan lebih dari 1 dolar miliar AS dan mempunyai hasil lebih dari 45 dolar miliar AS, menjadikannya salah satu perusahaan teknologi swasta yang paling berharga di dunia.

e) Produk Besutan Xiaomi
Smartphone flagship dari Xiaomi ialah seri Mi. Model terbaru dari seri ini ialah Mi 4, yang menyukseskan Mi 3. Pada awalnya diluncurkan di daratan Tiongkok, diikuti oleh Singapura, Malaysia, Thailand dan India pada masing-masing bulan Maret, Mei dan Juli tahun 2014.


Mi 3 menggunakan Qualcomm Snapdragon 800 dan telah diuji sebagai telepon cerdas Android tercepat di dunia berdasarkan pengujian tolak ukur aplikasi Antutu, Quadrant dan Geekbench. Smartphone lain Xiaomi ialah Redmi Note yang merupakan phablet dan telepon cerdas kedua di seri Redmi.

Di India, Redmi Note hadir dalam dua varian, satu dengan 3G, dan yang lainnya dengan 4G/LTE. Di India, Redmi Note tersedia secara langsung pada Flipkart. Penjualan kilat pertama Redmi Note diadakan pada tanggal 2 Desember 2014, dan semua stok yang berjumlah 50.000 unit habis terjual dalam waktu 6 detik saja.

Perangkat lunak telepon cerdas ini didasarkan pada MIUI, firmware berbasis sistem operasi Android. Produk unggulan terbaru dari Xiaomi pada ketika itu ialah Mi 4 pada peluncuran produk tahunan Xiaomi yang diadakan di Beijing pada tanggal 22 Juli 2014, yang menampilkan Qualcomm Snapdragon 801, RAM 3 GB, kamera depan 8 Megapiksel, dan telepon eksterior lebih dioptimalkan.

Dilaporkan bahwa Xiaomi telah memesan 50.000 beling safir dari produsen asal Korea Selatan, untuk dipasang di Smartphone premium yang baru. Dalam sebuah program langsung di Beijing, Tiongkok pada 15 Januari 2015, Xiaomi meluncurkan Smartphone andalan gres mereka yang diberi nama Mi Note dan Mi Note Pro untuk menyaingi iPhone 6 yang mempunyai harga 2 kali lipat dari kedua perangkat ini.

Kedua perangkat ini mempunyai layar 5,7 inci dan menggunakan desain dual beling dengan tampilan beling depan 2.5 dimensi dan beling belakang 3 dimensi. Sejak dirilis, sejumlah publikasi yang berbasis di AS telah menjuluki Mi Note sebagai " Smartphone terbaik yang tidak sanggup dibeli di Amerika.”

Selain smartphone, ada banyak produk Xiaomi yang telah dipasarkan hampir diseluruh dunia. Adapun daftar produk besutan Xiaomi seperti:

1) Mi Pad merupakan tablet pertama yang diumumkan Xiaomi di Acara Peluncuran Produk Baru Xiaomi 2014. Tablet ini menggunakan prosesor quad core 2.3 GHz NVIDIA Tegra K1 dengan RAM 2 GB. Mi Pad dijual di daratan Tiongkok dengan harga CN¥1,499. Saat ini Mi Pad sudah tersedia di banyak toko dengan harga di bawah GB£200.

2) MIUI merupakan firmware Android untuk smartphone dan komputer tablet berbasis pada sumber terbuka sistem operasi Android. Ini ialah produk yang paling awal dari Xiaomi.

3) Mi WiFi ialah jaringan penghala versi beta yang diumumkan pada 23 April 2014, dan hanya tersedia versi beta pada ketika itu. Mi WiFi mempunyai pinjaman NFC, 1 TB built-in hard drive dan CPU 1 GHz dual core Broadcom.

4) Mi TV merupakan televisi cerdas tipis yang dirancang dan dipasarkan oleh Xiaomi. Perangkat ini berjalan pada Android dan awalnya diumumkan pada tahun 2013. Yang terbaru dalam seri ini ialah mempunyai layar berukuran 49 inci Ultra HD dengan CPU quad-core yang dijual di daratan Tiongkok sekitar CN¥3,999.

5) Mi Box merupakan dekoder cerdas untuk televise yang memperlihatkan film dan program televisi tanpa akun pengguna atau berlangganan, juga sanggup mengakses konten melalui port USB, mirip melalui disk keras eksternal. Karena pembatasan lisensi konten.

6) Mi Cloud merupakan layanan penyimpanan awan dan komputasi awan yang dibentuk oleh Xiaomi. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan data mirip kontak, pesan, foto dan catatan pada server jarak komputer untuk diunduh melalui beberapa perangkat yang menggunakan MIUI.

7) Mi Talk merupakan aplikasi ponsel pengirim pesan instan berbasis internet yang tersedia untuk Android dan iOS yang diluncurkan pada tahun 2011.

8) Mi Power Bank merupakan sebuah pengisi baterai dengan baterai eksternal yang dipasang didalamnya. Pengisi baterai ini dibentuk dengan balutan aluminium, dan mempunyai nilai baterai 5200/10400/16000mAh. Melalui penggunaan kabel USB, sanggup dipakai untuk mengisi perangkat yang mendukung pengisian USB, termasuk iPhone, iPad, telepon cerdas/tablet komputer Android dan banyak lagi.

9) Mi Band ialah gelang berakal yang diumumkan pada bulan Agustus 2014. Mi Band dijual seharga 13 dolar AS, yang mempunyai daya tahan baterai sampai 30 hari, dan terdapat juga fitur alarm dan fitur yang melacak kebugaran pengguna. Band ini juga mempunyai kemampuan untuk membuka samrtphone pengguna berdasarkan jarak.

10) Pengamat tekanan darah merupakan hasil kolaborasi dengan Silicon Valley-based iHealth Labs pada tanggal 24 September 2014. Xiaomi mengklaim bahwa monitor tekanan darah ini praktis dipakai dan memenuhi semua standar dan sertifikasi medis yang dibutuhkan profesional.

11) Mi Air Purifier merupakan sebuah alat pembersih udara yang dirilis pada tanggal 9 Desember 2014 di Beijing. Perangkat senilai CN¥899 ini mempunyai kemampuan untuk membersihkan 10.000 liter udara dalam satu jam dan menggunakan teknologi HEPA untuk mengurangi partikel polusi dari setinggi 600 ppm serta kemampuan terhubung dengan smartphone untuk mengontrol dari jarak jauh, mendapatkan data kualitas udara, dan mengubah pengaturan ketika filter udara sedang kotor.

12) Yi Action Camera ialah Camera action dengan harga 399 CNY ($64), yang menggunakan sensor 16 MP yang sanggup merekam video 4k pada fps 30, video 1080p pada fps 60 dan video 720p pada fps 30. Perangkat ini juga tahan terhadap air dengan kedalaman sampai 40 meter.

13) Sepatu Pintar disebut juga "90 Minutes Ultra Smart Sportswear". Sepatu berakal ini dibentuk bersama dengan perusahaan Intel. Fungsi sepatu tersebut yakni bisa mendeteksi gerakan pengguna, dari berjalan, lari, bahkan mendaki.

Sepatu itu akan mengirimkan informasi, kemungkinan ke smartphone yang dipasangkan, mirip jarak yang ditempuh, kecepatan, dan jumlah kalori terbakar. Sepatu berakal itu mempunyai baterai yang bisa bertahan selama 60 hari atau sekitar dua bulan. Sepatu berakal ini sudah dipasarkan di China melalui situs Mi Home dan dijual sekitar Rp 600.000.

14) Sepeda Pintar juga disebut QiCycle dibentuk sebagai sepeda eletrik yang sanggup dilipat. Bermaterialkan frame alumunium dengan bobot hanya 14,5 kg, membuatnya praktis dimasukkan ke dalam bagasi mobil. Sepeta berakal ini dilengkapi motor listrik berkekuatan 36 V dan 250 W dan 20 baterai Panasonic yang masing-masing berkapasitas 2.900 mAh. QiCyle dijual sekitar Rp 6 juta.

15) Mi Drone ialah Drone yang bisa terbang hampir selama 30 menit jikalau baterainya diisi penuh. Menawarkan dua pilihan kamera, pertama dengan kualitas 1080 HD dan yang kedua dengan kamera beresolusi 4K. Di Cina, Mi Drone dijual sekitar Rp5,2 juta untuk tipe kamera HD dan sekitar Rp6,2 juta untuk yang berkamera 4K.

Baca Juga: 8 Cara Menambah Kapasitas RAM HP Xiaomi (100% Work)

Selain produk-produk di atas masih ada bnyak lagi produk Xiaomi yang belum admin sebutkan pada postingan ini namun akan ditambahkan dilain waktu. Setidaknya itulah fakta sejarah singkat berdirinya nama Xiaomi yang bisa kita ketahui perjalanannya dari waktu ke waktu.
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel