5 Cara Cek Unlock Bootloader (Ubl) Xiaomi Tanpa Pc

Setiap smartphone yang menggunakan system operasi android pastinya mempunya bootloader yang bertugas dalam memberi intruksi kernel pada system operasi android untuk menjalankan booting secara normal menyerupai yang telah di atur oleh developernya. Hal tersebut dikarena smartphone dengan system operasi android merupakan OS yang open source sehingga menyediakan aneka macam jenis hardware yang berbeda-beda yang menciptakan setiap pabrikan smartphone mempunyai spesifikasi bootloader yang berbeda pula.

Hal tersebut menimbulkan imbas positif dan juga negative. Akibat positif sanggup dirasakan pengguna smartphone lantaran dengan terbukanya bootloader mereka bisa mengganti ROM sesuai dengan keinginan. Sedangkan imbas negative muncul kalau mereka salah memasang ROM maka berakibat fatal pada perangkat yang menimbulkan device tersebut justru mati total.

Meskipun operating system android populer dengan open source-nya, namun setiap vendor smartphone yang mengusung OS ini tidak ingin penggunanya beralih ke custom ROM lain dan meninggalkan user interface yang sudah jerih payah mereka kembangkan. Karena dasar itulah setiap vendor smartphone memutuskan untuk mengunci bootloader mereka semoga pengguna tidak bisa melaksanakan penggantian ROM lain.

Terkuncinya bootloader akan menciptakan pengguna sangat kesulitan dalam memodifikasi perangkat mereka dan hampir tidak mungkin untuk mengganti ROM resmi bawaan pabrikan meskipun menggunakan cara yang paling mutakhir sekalipun menyerupai menggunakan metode EDL bahkan. Oleh lantaran itu, kalau kau memutuskan untuk mengganti custom ROM langkah awal yang harus kau ketahui ialah membuka kunci bootloader tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa pihak Xiaomi semenjak tahun 2016 telah mengambil keputusan untuk mengunci bootloader pada semua perangkat smartphone yang berbasis android-nya. Diberlakukannya hukum tersebut bertujuan untuk mengurangi peluang para pengguna Xiaomi beralih dari MiUi ke custom ROM lain yang dianggap merugikan perusahaan asal Tirai Bambu rersebut.

Karena belakangan ini banyak sekali beredar ROM biro atau ROM Xiaomi abal-abal yang mempunyai banyak sekali bloatware sehingga merugikan pengguna dan menciptakan konsumen justru jenuh menggunakan MiUi lantaran banyak iklan yang bermunculan dan menghabiskan banyak sekali kuota data internet mereka.

Xiaomi juga mempertegas bahwa langkah ini dilakukan untuk menjaga keamanan data penggunanya sehingga menciptakan semua konsumen yang menggunakan produknya kondusif dan nyaman dari gangguan sehingga betah berlama-lama menggunakan perangkatnya sekaligus bisa mempromosikan device mereka dari verbal ke mulut.

Semua device Xiaomi yang rilis pada tahun 2017 sudah 100% menggunakan bootloader yang terkunci menyerupai Redmi Note 4 5, Mi 6, Mi Mix 2, Mi Max 2 dan produk Xiaomi yang dirilis di atas tahun 2017. Jika kau merasa ingin tau ingin mengecek status bootloader (UBL) Xiaomi kau terkunci atau terbuka, kau bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Baca Juga: Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi

Inilah 5 Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

Setelah kau mengetahui manfaat di atas, maka akan sangat bijaksana kalau kau pribadi menerapkannya dengan mengikuti semua langkah-langkah di bawah secara tepat.

1) Buka Menu "Tentang Ponsel"
Silahkan kau pergi ke sajian Pengaturan => Tentang Ponsel, menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah!

Setiap smartphone yang menggunakan system operasi android pastinya mempunya bootloader yan 5 Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

2) Tekan "Versi MiUi"
Perhatikan gambar di bawah ini, banyak warta yang di tampilkan sesudah sajian "Tentang Ponsel"  kau klik. Kamu abaikan sajian yang lainnya, cukup fokus saja pada Versi MiUi kemudian tekan sebanyak 7 kali hingga mode pengembang aktif.

Setiap smartphone yang menggunakan system operasi android pastinya mempunya bootloader yan 5 Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

3) Cari sajian "Setelan Tambahan"
Setelah versi MiUi di klik sebanyak 7 kali maka mode pengembang sudah diaktifkan, selanjutnya silahkan kau temukan sajian tersebut dengan pergi ke sajian Pengaturan => Setelan Tambahan, menyerupai gambar di bawah!

Setiap smartphone yang menggunakan system operasi android pastinya mempunya bootloader yan 5 Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

4) Cari sajian "Opsi Pengembag"
Setelah sajian "Setelan Tambahan" di klik, maka akan muncul banyak pilihan menu. Kamu cukup scrol ke bawah kemudian temukan sajian "Opsi Pengembang", menyerupai pola pada gambar di bawah!

Setiap smartphone yang menggunakan system operasi android pastinya mempunya bootloader yan 5 Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

5) Buka sajian "Mi Unlock Status"
Setelah sajian "Opsi Pengembang" ketemu, kau pribadi klik saja sajian tersebut maka akan ada banyak sajian lain namun kau abaikan saja, kau scrol saja terus ke bawah hingga ketemu sajian "Mi Unlock Status" sempurna menyerupai pola gambar di bawah!


Jika tampilan UBL kau menyerupai pada gambar di atas (gembok masih dalam keadaan terkunci), artinya bootloader HP Xiaomi kau masih terkunci (locked bootloader). Untuk unlock-nya kau bisa membaca cara membuka (unlock) UBL Xiaomi.

Baca Juga: 5 Cara Mengunci (Lock) Jaringan 4G Xiaomi 100% Work

Cek UBL Xiaomi Dengan PC/ Komputer

Selain cara di atas ternyata ada cara lain untuk mengetahui status UBL pada HP Xiaomi yang kita gunakan yakni menggunakan PC/ komputer. Jika kau menggunakan ROM MIUI 8 ke bawah, tidak sajian Mi Unlock Status tidak akan ada, jadi untuk mengeceknya kau harus menggunakan pinjaman PC/Komputer, Laptop dan software 15 Seconds ADB Installer sebagai berikut:

a) Unduh Aplikasi ADB Installer
Unduh dan isntall aplikasi berjulukan ADB Installer di pada Windows, Mac OS dan Linux. Setelah menginstall ADB Installer, masuk ke folder C:\adb kemudian tekan SHIFT + Klik Kanan pada cuilan kosong dan pilih Open command window here.. Lohat gambar di bawah!


b) Ketik Perintah pada CMD
Selanjutnya ketik perintah fastboot oem device-info pada kotak Command Prompt. Jika pada warta Device unlocked: true; Lihat gambar di bawah!


Jika muncul menyerupai tanda panah di atas, artinya smartphone Xiaomi kau telah unlock bootloader, tapi kalau false, artinya bootloader Xiaomi kau masih terkunci (locked bootlader).

Baca Juga: 4 Cara Unik Screenshot Panjang di HP Xiaomi

Sekarang kau sudah berhasil melihat status UBL Xiaomi, apakah unlock bootloader Xiaomi atau Lock bootloader. Untuk postingan lain terkait HP Xiaomi, silahkan lihat related post di bawah!
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel