20 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

Didunia siapa yang mau HP-nya lemot? Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma yang sanggup dihandalkan dalam segala hal. Oleh alasannya yaitu itu sangat penting bagi pengguna Smartphone Tirai Bambu ini mengetahui cara semoga HP Xiaomi tidak lemot (lag, hang, mati total) dan sebagainya. Sebelum kita membahas lebih jauh, hal pertama yang harus kita ketahui yaitu penyebab Xiaomi lemot, alasannya yaitu kata pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati" Sehingga jikalau kita mengetahui penyebabnya kita sanggup terhindar dari hal-hal yang mengakibatkan HP Xiaomi lemot.

Penyebab HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

Nah, berikut ini yaitu beberapa penyebab yang menjadikan HP Xiaomi menjadi lemot:

1) Perhatikan spesifikasi Xiaomi, ibarat kapasitas internal memori dan Random Acces Memory (RAM), apakah mempunyai kapasitas yang cukup besar untuk mendukung aplikasi canggih yang kau pasang. Cara mengetahuinya yaitu buka Task Manager maka disana akan ditampilkan keterangan RAM dan Internal memori HP Xiaomi yang kau pakai.

2) Versi OS yang jadul, jikalau kau pengguna yang gres membeli atau menggunakan Android maka kau harus mengetahu versi sistem operasi yang dipakai pada device itu. Mungkin kau telah mendengar wacana Android 5, Android 6, dan seterusnya. Cara memeriksanya yaitu buka sajian Setting > About Phone > Android version.

3) Class Memori External (Micro SD), lupakan dengan jumlah kapasitas eksternal memori yang kau pakai alasannya yaitu admin yakin jumlah kapasitas yang kau gunakan sanggup 16Gb, 32Gb atau 64Gb. Namun point yang paling penting bukan terletak dikapasitas memorinya melainkan dari Class.

Memori External (Micro SD) terbaik yaitu Micro SD yang mempunyai Class 10 dan akan sangat cocok bagi kau yang menggunakan OS Android untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan menggunakan Micro SD yang mempunyai class 10 kau tidak perlu khawatir jikalau mengembalikan file yang terhapus alasannya yaitu biasanya class ini lebih kuat.

Cara mengetahui class suatu memori adalah, matikan perangkat kau kemudian buka HP Xiaomi kau kemudian buka dan lihat Micro SD tersebut biasanya akan ada angka 4, 6 dan 10 yang terlihat menggunakan abjad kecil.

4) Terlalu banyak aplikasi, yang sanggup mengakibatkan Android kau blank, crashing, force close dan bahkan mengakibatkan HP Xiaomi kau menjadi lemot. Biasakan untuk selalu download aplikasi dari Google Play Store atau Amazon Apps alasannya yaitu server mereka akan melaksanakan scanning otomotas terhadap jenis versi aplikasi yang cocok untuk perangkat Xiaomi kamu.

Selain itu dengan membiasakan mengunduh dari sana akan menciptakan HP Xiaomi kau menjadi lebih kondusif dari jerawat malware alasannya yaitu mereka selalu mengusut otomatis setiap aplikasi yang dicurigai mempunyai virus akan dihapus dari pasar mereka.

Baca Juga: 5 Cara Mengunci (Lock) Jaringan 4G Xiaomi 100% Work

Apa Manfaat Menerapkan Cara Ini?

Jika kau benar-benar serius untuk menerapkan cara yang akan Bedahp.com share berikut ini, maka ada beberapa manfaat yang sanggup kau peroleh yakni:

a) HP Xiaomi Makin Kenceng
Sudah niscaya ketika kau berhasil mengikuti step by step dengan baik maka kapasitas RAM smaryphone Xiaomi kau akan bertambah yang menciptakan peforma semakin kenceng.

b) Xiaomi Makara Hemat Baterai
Seperti diketahui, aplikasi yang berjalan di latar belakang memang cukup banyak mengkonsumsi daya baterai sehingga wajib kau hentikan dan membukanya dikala diharapkan saja.

c) Irit Kuota Data Internet
Tidak sanggup dipungkiri, lebih banyak didominasi aplikasi yang berjalan di latar belakang selalu mengambil kuota internet ketika kau menghidupkan paket data seluler maupun Wifi. Jika aplikasi ini terus dibiarkan maka kantong dompet kau akan cepat terkuras alasannya yaitu sering beli paket internet.

d) HP Xiaomi Terhindar dari "Overheat"
Makin banyak aplikasi yang dibuka maka smartphone kau akan kerja ekstra keras sehingga cenderung cepat panas. Hal itu menciptakan baterai menjadi cepat kembung. Namun dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, kau sudah berkontribusi memperpanjang umur baterai dan menjaga suhu smartphone Xiaomi tetap stabil.

Jika beberapa manfaat di atas kau rasa penting dan ingin memdapatkannya, kau sanggup pribadi mengikuti tahap demi tahap tutorial yang akan saya bagikan di bawah ini!

Baca Juga: Fakta Sejarah Berdirinya Nama Xiaomi

Inilah 20 Cara Mengatasi Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

Setelah kau mengetahui manfaat di atas, maka akan sangat bijaksana jikalau kau pribadi menerapkannya dengan mengikuti semua langkah-langkah di bawah secara tepat, ikuti langkah2nya sbb:

1) Buka Menu "Tentang Ponsel"
Silahkan kau pergi ke sajian Pengaturan => Tentang Ponsel, ibarat yang terlihat pada gambar di bawah!

 Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma yang sanggup dihandalkan dalam s 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

2) Tekan "Versi MiUi"
Perhatikan gambar di bawah ini, banyak warta yang di tampilkan sehabis sajian "Tentang Ponsel"  kau klik. Kamu abaikan sajian yang lainnya, cukup fokus saja pada Versi MiUi kemudian tekan sebanyak 7 kali hingga mode pengembang aktif.

 Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma yang sanggup dihandalkan dalam s 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

3) Cari sajian "Setelan Tambahan"
Setelah versi MiUi di klik sebanyak 7 kali maka mode pengembang sudah diaktifkan, selanjutnya silahkan kau temukan sajian tersebut dengan pergi ke sajian Pengaturan => Setelan Tambahan, ibarat gambar di bawah!

 Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma yang sanggup dihandalkan dalam s 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

4) Cari sajian "Opsi Pengembag"
Setelah sajian "Setelan Tambahan" di klik, maka akan muncul banyak pilihan menu. Kamu cukup scrol ke bawah kemudian temukan sajian "Opsi Pengembang", ibarat pola pada gambar di bawah!

 Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma yang sanggup dihandalkan dalam s 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

5) Buka sajian "Opsi Pengembang"
Setelah sajian "Opsi Pengembang" ketemu, kau pribadi klik saja sajian tersebut maka akan ada banyak sajian lain namun kau abaikan saja, kau scrol saja terus ke bawah hingga ketemu sajian "Batas proses latar belakang" sempurna ibarat pola gambar di bawah!

 Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma yang sanggup dihandalkan dalam s 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

6) Buka "Batas proses latar belakang"
Silahkan kau buka sajian "Batas proses latar belakang" tersebut kemudian setting menjadi "Tanpa proses latar belakang" ibarat yang tertera di gambar di bawah!

 Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma yang sanggup dihandalkan dalam s 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

7) Selesai! close Opsi Pengembang
Setelah cara 1 hingga 6 diterapkan, kini kau sudah berhasil menghemat kapasitas RAM di HP Xiaomi yang sudah saya buktikan 100% di Xiaomi Redmi Note 4 saya yang menggunakan MiUi v8. 2.10. Untuk melihat risikonya kau pergi ke sajian Pengaturan => Aplikasi Terinstall ibarat pada gambar di bawah!


8) Buka sajian "Aplikasi Terinstall"
Silahkan kalian buka sajian "Aplikasi Terinstall"  di atas, kemudian geser ke samping hingga pada sajian "Tercache" ibarat gambar di bawah!

 Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma yang sanggup dihandalkan dalam s 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

Bagaimana 100% berhasil bukan? Sekarang tidak ada aplikasi yang berjalan dibelakang layar tanpa seizin dari kau yang membukanya. Sisa RAM pun bertambah yang menciptakan smartphone Xiaomi kau tambah kenceng abis, ekonomis baterai, ekonomis kuota dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui kapasitas RAM kau bertambah/tidaknya, silahkan kau baca cara cek sisa free RAM HP Xiaomi sehingga sanggup meyakinkan kau wacana keampuhan cara di atas.

9) Atur Sinkronisasi HP Xiaomi
Atur Sinkronisasi HP Xiaomi, dengan tujuan semoga tidak mengambil banyak koneksi paket data internet yang diminta untuk ditampilkan dan di download secar otomatis. Karena jikalau dibiarkan secara default selain membebani RAM juga menguras kuota data internet.

10) Hapus Widget Home Screen
Hindari terlalu banyak menampilkan widget di layar utama HP Xiaomi kau meskipun menggunakan banyak widget akan terlihat keren namun sesungguhnya memberatkan perangkat, pastikan kau hanya menggunakan widget untuk aplikasi yang benar-benar memliki fungsi yang kau butuhkan saja.

11) Gunakan Satu Antivirus Saja
Karena aplikasi ibarat ini biasanya sering bekerja pada background dan memantau sistem terdalam dari HP Xiaomi kamu. Jika kau menggunakan lebih dari satu Antivirus maka permintaaan RAM pun akan menjadi lebih besar.

12) Gunakan Aplikasi yang dibutuhkan
Semakin banyak aplikasi yang di install, maka akan semakin banyak pula seruan RAM yang harus diambil. Kamu harus meminimalisir penggunaan aplikasi yang berlebihan dan menghapusnya jikalau tidak dibutuhkan.

13) Hindari Memakai Live Wallpaer
Akan terlihat lebih keren dan segar ketika kau menggunakan live wallpaper namun hal ini justru akan menciptakan baterai HP Xiaomi kau cepat habis dan mengakibatkan lemot.

14) Matikan HP Saat Mengisi Daya
Biasakan ketika mengisi baterai HP Xiaomi kau harus dalam keadaan Mati. Selain akan menciptakan baterai kau menjadi lebih infinit hal ini juga akan menciptakan kalibrasi atau sensitifitas dari touch screen Kamu tetap terjaga dan menghindari error.

15) Gunakan Clean Master
Gunakan Clean Master kemudian bersihkan secara teratur junk files, cookies dan cache. Setiap kali kau mengakses internet semua data website akan disimpan di cache browser yang kau gunakan. Selain itu aplikasi ini juga sanggup mengambil residual file atau folder kosong yang dibentuk otomatis oleh banyak sekali aplikasi sehingga mengakibatkan internal memori kau akan menjadi penuh dengan file dan data yang tidak berguna.

16) Aktifkan Auto Kill
Aktifkan Auto Kill pada Clean Master. Tujuan auto kill yaitu untuk mematikan secara paksa aplikasi lain yang dianggap mengambil RAM yang berlebihan. Tenang saja, fitur ini kondusif dan akan bekerja pada background secara otomatis.

17) Gunakan aplikasi berbayar
Ketika kau menggunakan aplikasi versi gratis bergotong-royong kau sedang dijadikan sebagai kelinci percobaan. Itulah alasan kenapa banyak review baik atau buruk yang dibentuk di pasar aplikasi google yang tentu saja dengan membagikan aplikasi ini secara gratis akan membantu para pengembang untuk mengetahui bugs atau pengaturan yang sudah sesuai. Jika kau butuh keamanan yang lebih, kau sanggup membeli aplikasi premium.

18) Freeze aplikasi bloatware
Hal ini hanya sanggup dilakukan pada HP Xiaomi yang sudah di root. Salah satu aplikasi yang mempunyai fitur freeze yaitu link2SD, namun masih banyak aplikasi lain sejenisnya yang beredar di Play Store.

19) Amati Gerak-gerik Aplikasi
Pantau terus aplikasi chatting atau sosial media kau yang mendownload gambar/ video yang tidak kau butuhkan dari penyimpan. Hapus file-file yang tidak kau butuhkan tersebut untuk melegakan memori internal.

20) Pakai "LEM BIRU"
Jika kau sudah menggunakan segala cara untuk mengatasi HP Xiaomi kau yang lemot tapi tidak kunjung sembuh juga, maka solusi terakhir yaitu menggunakan LEM BIRU (Lempar, Beli Baru) maka semua dilema akan teratasi hehehe....

Baca Juga: 5 Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

Demikianlah 20 cara mengatasi HP Xiaomi lemot (lag, hang, mati total) dan lain sebagainya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya buat Xiaomi Lovers. LIHAT! JUGA postingan lain terkait HP Xiaomi di bawah!
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel