Pingin Makan JENGKOL Tapi Takut Mulut Jadi Bau? Ini Dia Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut dan Tips Jitu Agar Bau Pada JENGKOL Hilang Sebelum di Masak

Jengkol adalah bahan makanan yang tidak asing lagi bagi semua masyarakat, bahkan bisa dibilang banyak orang yang suka dengan makanan ini. Karena rasanya yang lezat, jengkol banyak diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti rendang jengkol, sambal jengkol, juga lalapan jengkol bahkan masih banyak lagi macam makanan berbahan dasar jengkol. 

Namun, Semua orang juga tahu bahwa jengkol memiliki aroma yang tidak sedap. Bahkan karena bau yang dihasilkan dari memakan jengkol, rata-rata orang yang sehabis mengkonsumsi jengkol jadi tidak percaya diri karena nafas mengeluarkan aroma bau jengkol tersebut. Bukan hanya bau mulut saja, bahkan saat kita buang air kecil juga akan meninggalkan bau jengkol yang sangat menyengat sekali. 

Nah, kalau sudah begini, ada timbul rasa was-was untuk mengkonsumsi jengkol karena bau nya tersebut. Agar rasa was-was tidak ada lagi, disini akan kita bahas bagaimana sih cara menghilangkan bau mulut sehabis mengkonsumsi jengkol dan juga tips agar bau pada jengkol hilang sebelum kita olah menjadi berbagai macam masakan.
foto by: LinkarNews


1. Cara menghilangkan bau mulut sehabis mengkonsumsi jengkol:
Jangan kuwatir lagi dengan bau mulut setelah memakan jengkol, karena untuk mengatasinya adalah dengan cara meminum kopi pahit tanpa gula. Ingat ya, kopinya tidak pakai gula. Karena dengan aroma wangi dari kopi tersebut bau jengkol pada mulut akan hilang. Itulah cara mudah menghilangkan bau mulut sehabis memakan jengkol. 

Selain cara diatas, akan kita bahas pula tips menghilangkan bau jengkol sebelu diolah menjadi macam-macam masakan yang bisa kita terapkan dirumah dengan mudah.

2. Tips menghilangkan bau jengkol sebelum diolah menjadi macam-macam masakan:

Pilih jengkol yang mutunya baik
Agar saat kita memasak jengkol dan mendapatkan hidangan yang lezat, terlebih dahulu kita harus memilih jengkol yang mutunya baik dan sudah tua tentunya. Untuk jengkol yang muda biasanya dijadikan lalapan. Jadi untuk mengolah atau memasak jengkol untuk macam masakan tertentu harus yang tua.

Pastikan jengkol sudah dikupas habis dan dicuci bersih
Saat kita membeli jengkol dipasar atau diwarung, tidak jarang kita jumpai jengkol masih dalam kondisi berkulit, kadang juga jengkol yang sudah dikupas kulitnya belum semuanya bersih dikupas kulitnya, masih ada tertinggal di daging jengkol tersebut. Jadi sebelum kita masak, perlu kita pastikan jengkol dalam kondisi sudah dikupas habis semua kulitnya, lalu cucilah jengkol dengan benar-benar bersih.

Rendam jengkol
Dalam proses menghilangkan bau pada jengkol, proses perendaman sangatlah penting. Selain itu merendam jengkol juga mampu menetralisir racun yang terdapat pada jengkol. Untuk merendam jengkol yang baik ada banyak cara yang efektif yaitu merendamnya dengan air es, selain es juga bisa merendamnya dengan air kapur sirih dan juga selain air es dan air kapur sirih, bisa juga dengan air cucian beras. Tergantung Anda ingin menggunakan yang mana, pilih lah salah satu. Kemudian rendamlah selama semalaman agar baunya benar-benar hilang. Perlu di ingat, dengan cara direndam tersebut, tidak akan menghilangkan atau merubah rasa lezat pada jengkol tersebut.

Rebus jengkol dengan bahan tertentu
Setelah merendam jengkol selama semalaman, untuk menetralisir bau yang menyengat, maka kita bisa merebus jengkol bersama dengan bahan lainnya. Ada beberapa macam bahan yang bisa dicampurkan dalam proses merebus jengkol, tergantung kita mau pilih salah satu bahan yang mana yang ingin kita gunakan. Adapun beberapa macam bahannya yaitu: 
Irisan daun jeruk purut, masukan irisan daun jeruk purut tersebut pada rebusan jengkol.
Dengan daun salam, masukan beberapa lembar daun salam pada rebusan jengkol pada saat akan mulai mendidih. Setelah mendidih buang air rebusan
Daun jambu biji, masukkan beberapa lembar daun jambu biji pada rebusan jengkol, selain untuk menghilangkan bau pada jengkol, daun jambu biji juga sangat bagus agar jengkol lebih cepat empuk dan lunak. Setelah jengkol lunak dan empuk buang air rebusan
Abu cuci piring dapur, rebus air dengan abu dapur secukupnya saja masukan jengkol. Rebus sampai mendidih, setelah mendidih kemudian buang air rebusan.

Dengan cara direbus ini, racun-racun yang terkandung di dalam jengkol akan hilang. Lakukan cara merebus yang benar, agar jengkol yang direbus hasilnya sempurna. saat merebusnya dianjurkan jangan terlalu matang, karena apabila terlalu matang saat direbus, saat akan di pipihkan dan di masak jengkol akan menjadi cepat hancur.

Ada baiknya memipihkan jengkol sebelum dimasak agar bumbu cepat meresap, sehingga hidangan jengkol akan semakin enak. Lanjut kelangkah terakhir yaitu dengan mengolah jengkol sesuai dengan seleran masing-masing.

Inilah cara menghilangkan bau mulut sehabis mengkonsumsi jengkol dan juga tips agar bau pada jengkol hilang sebelum kita olah menjadi berbagai macam masakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel