10 Cara Mengatasi Sinyal Hp Sony Xperia Hilang Tiba-Tiba

Bagaimana cara mengatasi sinyal HP android Sony Xperia melemah/ hilang tiba-tiba? Munculnya pertanyaan tersebut dikarenakan mereka sangat ingin sekali memperkuat sinyal HP Sony Xperia  mereka sehingga dimanapun dan kapanpun mereka butuh smartphone tersebut selalu standby pada Sony Xperia XZ1 XZ2 Compact Premium, Sony Xperia XA1 XA2 Ultra, Sony Xperia Z5 Z3 Compact Premium, dan perangkat lainnya.

Bagaimana cara mengatasi sinyal HP android Sony Xperia melemah 10 Cara Mengatasi Sinyal HP Sony Xperia Hilang Tiba-Tiba

Menanggapi hal itu, perusahaan asal Jepang tersebut mengeluarkan smartphone terbarunya dengan sumbangan garis antena di casing sehingga sinyal yang ditangkap menjadi maksimal. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada perangkat Sony generasi 2018 ke atas, dan banyak pengguna Sony Xperia yang kecewa lantaran HP Sony yang mereka beli rilisnya 2018 ke bawah sehingga tidak mempunyai garis antena tersebut.

Kebanyakan dari pengguna Sony Xperia malas melaksanakan update terhadap perangkat usang mereka ke perangkat yang gres dikarenakan sudah terlalu banyak data yang menciptakan mereka enggan bermigrasi akhir takut kehilangan data penting menyerupai kontak HP, data whats apps, dan lain sebagainya.

Selain alasan di atas, ada juga yang tidak ingin melalukan update lantaran terkendala ekonomi, mengingat setiap tahun Sony Xperia selalu mengeluarkan perangkat gres mereka yang mempunyai harga yang tidak begitu dekat di kantong. Karena alasan tersebutlah, Bedahp.com menciptakan sebuah artikel sebagai bentuk kepedulian kepada fans Sony Xperia semoga bisa mengetahui penyebab hilangnya sinyal HP Sony Xperia kesayangan kalian.

Penyebab Sinyal Sony Xperia Hilang Tiba-Tiba

Ada beberapa faktor penyebab sinyal Sony Xperia hilang secara tiba-tiba/ mendadak, supaya lebih gampang memahaminya admin akan uraikan beberapa faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

a) Jangkauan Sinyal Daerah itu Tidak Ada

Coba kau cek dengan baik, apakah disekitar area tempat kau bangkit ada tower sinyal. Jika di kawasan tersebut sama sekali tidak ada tower sinyal maka bisa dipastikan bahwa wilayah itu memang minim sinyal sehingga masuk akal bila sinyal Sony Xperia tiba-tiba hilang.

b) Sony Xperia Kamu Sedang Error

Apakah Sony Xperia kesayangan kau pernah terjatuh? Jika memang pernah maka kemungkinan HP kau mengalami error sehingga daya tangkap sinyal menjadi berkurang secara drastis. Hal itu disebabkan lantaran kuningan penangkap sinyal bergesar akhir benturan keras dikala terjatuh dari ketinggian.

c) Terjadi Perubahan Pada Menu Pengaturan

Jika kau mengatur Sony Xperia dikala berada di wilayah perkotaan ke mode sinyal 3G Only atau 4G LTE Only demi mempercepat koneksi internet, maka device kau hanya akan menangkap sinyal 3G atau 4G saja sehingga sulit untuk mendeteksi jaringan biasa.

Untuk mengubahnya ke semula silahkan pergi ke hidangan Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis). Jika diwilayah tempat tinggal kau sinyal 4G stabil, kau bisa menguncinya semoga irit paket internet dan menciptakan kecepatan internet semakin kencang.

d) Jangkauan Sinyal Putus-Putus

Sinyal Sony Xperia hilang timbul kemungkinan lantaran jaringan tidak konsisten alias lagi naik-turun. Hal ini disebabkan oleh layanan operator jaringan yang kau gunakan sedang gangguan atau ada problem lain pada agenda mereka sehingga berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata di wilayah tersebut.

e) Pengaruh Cuaca Ekstream

Cuaca ekstream juga mempengaruhi besar lengan berkuasa atau lemahnya sinyal Sony Xperia kamu. Jika cuaca sedang hujan lebat disertai topan dan petir maka sangat mempengaruhi penangkapan sinyal pada Sony Xperia. Sebaiknya dikala cuaca tidak mendukung hindari memakai HP Sony Xperia (matikan HP) demi keamanan kamu.

f) Kemungkinan Hardware Rusak

Jika Sony Xperia yang kau miliki pernah masuk ke dalam air, kemungkinan alat penangkap sinyal di Sony Xperia kau rusak lantaran alat itu tidak kedap air maka ada komponen yang berkarat. Kerusakan pada hardware inilah yang menciptakan sinyal Sony Xperia hilang alias tidak ada sinyal.

Khusus untuk melaksanakan pengecekan terhadap kerusakan hardware Sony Xperia menyerupai layar LCD touchscreen, vibrator, sensor, dan lainnya, kau bisa mengikuti tutorialnya disini: Cara Cek Kerusakan HP Android Sony Xperia.

g) Ada Masalah pada Software

Mungkin Sony Xperia kau pernah update software? Jika iya, beberapa software yang kita update mungkin ada bugs yang mempengaruhi kualitas jaringan. Jika sebelum update software Sony Xperia sinyal berada dalam keadaan baik-baik saja namun sehabis update justru bermasalah maka sebaiknya lakukan downgrade lagi. Pastikan Sony Xperia kau lancar, ketahuilah cara mengatasi Sony Xperia lemot untuk menciptakan peforma HP kau tambah kencang.

h) Adanya Aplikasi Sony Xperia Bermasalah

Sinyal HP Sony Xperia juga bisa dipengaruhi oleh aplikasi pihak ketiga yang sudah kau install. Aplikasi tersebut mungkin membatasi kekuatan sinyal lantaran beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga tidak sesuai dengan perangkat yang kau gunakan.

i) Terjadi Perbaikan Sinyal Oleh Operator

Operator kemungkinan sedang membenahi sistem atau tower mereka lantaran ada suatu problem atau penambahan fitur baru. Untuk memperbaiki atau menambahkan fitur gres tersebut maka demi keamanan, listrik akan dimatikan sementara waktu pada sistem atau tower yang sedang dibenahi.

Penyebab sinyal Sony Xperia lemah atau hilang tiba-tiba di atas hanya beberapa saja, bersama-sama masih masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal Sony Xperia yang hilang tersebut? Baca solusinya di bawah ini sebagai suplemen acuan bagi kamu.

Inilah 10 Cara Mengatasi Sinyal Sony Xperia Hilang Tiba-Tiba

Saya merangkum dari beberapa kasus mengenai hilangnya sinyal sebuah device pada OS Sony Xperia terutama yang berada di kawasan perkotaan dan pedesaan.

1) Pakai Mode Pesawat

Cara supaya sinyal Sony Xperia besar lengan berkuasa lagi yakni dengan mengaktifkan mode penerbangan. Jika Mode ini hidup maka semua sinyal akan hilang, kemuadian non-aktifkan lagi mode penerbangan untuk menciptakan sinyal kembali terdeteksi dengan sempurna.

2) Matikan Sementara Sony Xperia Kamu

Cara kedua ialah dengan merefresh sinyal jaringan dengan cara metaikan HP Sony Xperia yang kau miliki untuk sementara waktu. Pastikan ponsel tersebut benar-benar mati bila memungkinkan, silahkan kau cabut baterai kemudian pasang dan hidupkan kembali HP Sony Xperia kamu.

3) Ganti Mode Jaringan di Sony Xperia

Untuk mengubah mode jaringan di Sony Xperia demi memperoleh sinyal 2G, EDGE, 3G, HSDPA, dan 4G LTE secara otomatis maka silahkan kau pergi ke hidangan Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis”, cara ini sangat efektif untuk mengatasi sinyal Sony Xperia yang lemah dan hilang secara tiba-tiba.

4) Cari Area Terjangkau Sinyal

Berdasarkan pengalaman admin Bedahp.com yang tinggal di lokasi Provinsi Lampung, ketika saya masuk ke dalam kamar kartu SIM yang saya gunakan sinyalnya hilang total. Waktu itu saya pikir Sony Xperia saya yang rusak lantaran tidak biasanya terjadi problem menyerupai ini sebelumnya.

Saya kemudian merenung dan terlintas dalam pikiran bagaimana solusi cara mengatasi sinyal HP Sony Xperia hilang tiba-tiba bahkan terkadang hilang total ini? Akhirnya, sehabis saya keluar dari kamar saya ternyata sinyal full lagi. Mungkin kamar saya kebetulan tak terjangkau oleh sinyal kartu SIM yang saya pakai itu sehingga dikala keluar ruangan gres terdeteksi kembali sinyalnya.

5) Cek Keadaan Kartu SIM

Hilangnya sinyal pada Sony Xperia kemungkinan dikala kau memasang kartu SIM yang belum tepat terkena lempengan kuningan, atau sinyal Sony Xperia hilang sehabis jatuh sehingga letak kartu SIM bergeser. Solusi untuk mengatasi sinyal Sony Xperia yang hilang menyerupai ini yakni dengan mencabut kartu SIM kemudian memasangnya kembali.

6) Mengganti Kartu SIM Sony Xperia

Coba kau ganti kartu SIM Sony Xperia kau ke lain operator untuk sementara waktu dengan kartu SIM yang lain untuk memastikan apakah kerusakan itu disebabkan oleh kartu SIM itu atau tidak. Jika sudah kau ganti kartu SIM-nya namun jadinya tetap saja sama maka silahkan ikuti langkah selanjutnya di bawah.

7) Reset HP Sony Xperia Kamu

Jika Sony Xperia kau mengalami problem sinyal hilang lantaran terkena virus atau akhir penggunaan aplikasi pihak ketiga yang berlebihan, sebaiknya lakukan reset ulang pada Sony Xperia kau melalui hidangan Setting > Pabrikan > Reset. Setelah kau melaksanakan reset ulang, maka Sony Xperia kau akan kembali menyerupai gres lagi. Reset juga bermanfaat sebagai  salah satu cara menciptakan Sony Xperia tidak lemot alias menjadi lebih ngebut.

Namun kau harus ingat bahwa sebelum melaksanakan reset, backup dulu semua data penting yang ada di memori telepon Sony Xperia kau lantaran dikala reset semuanya akan hilang. Untuk mengembalikan semua hidangan ke settingan awal, Kamu sanggup melaksanakan ini: 3 Cara Reset Ulang HP Sony Xperia ke Pengaturan Pabrikan.

8) Flash HP Sony Xperia Kamu

Apabila sinyal hilang lantaran firmware kau yang bermasalah akhir update OS terbaru, maka kau harus melaksanakan flash ulang. Cara flash Sony Xperia yakni dengan melaksanakan unduh terlebih dulu firmware yang sesuai dengan tipe Sony Xperia tersebut yang telah disediakan oleh vendor aslinya. Firmware bisa kau peroleh dari website resmi pembuat Sony Xperia itu.

9) Ganti Hardware Sony Xperia Kamu

Jika Sony Xperia kau pernah jatuh kemudian kemudian sudah kau reset dan flash tetapi masih saja tidak ada sinyal, itu berarti hardware pada Sony Xperia kau mengalami kerusakan. Solusinya ialah dengan membawa Sony Xperia kau ke teknisi device terdekat yang kau kenal sehingga kau memperoleh harga murah ketika mengganti hardware Sony Xperia yang rusak itu.

10) Pakai Antena Penguat Sinyal

Solusi paling terakhir yakni memakai antena penguat sinyal Sony Xperia yakni sebuah antena eskternal yang diletakkan di atap rumah kemudian dihubungkan dengan kabel yang panjangnya menyesuikan. Kemudian sambungkan ke HP Sony Xperia kau memakai pigtail. Saya sendiri juga memakai cara ini lantaran saya tinggal di Kampung (Desa Mulyasari kawasan Way kanan, Lampung) sehingga sulit sekali terjangkau sinyal. Kamu bisa membeli antena tersebut di toko-toko online sangat banyak yang menjual, menyerupai Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya.

Baca Juga: Perbedaan Sony Xperia Asli dan NTT DoComo

Untuk acuan lain terkait HP Sony silahkan kau lihat di bawah! Demikianlah cara mengatasi sinyal Sony Xperia hilang total/ tiba-tiba lemah sehingga bisa memperkuat sinyal Sony Xperia Z XA Dual, Sony Xperia M5 M4 M3 Dual, Sony Xperia E5 E4 E3, dan perangkat lainnya.
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel