Download Soal Latihan Post Test Pkp 2019 Dilengkapi Kunci Jawaban

Dibawah ini Kami sediakan soal latihan untuk menghadapi post test PKP 2019 beserta tanggapan dan pembahasannya yang bisa didownload dengan gampang dan gratis

Latihan soal ini berupa prediksi Post test PKP Berbasis Zonasi 2019 Sebagai persiapan guru yang sedang mengikuti diklat.

Soal post test PKP Sekolah Menengah Pertama terdiri dari mata pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, seni budaya dan prakarya, sedangkan untuk sekolah dasar (SD) diubahsuaikan dengan kompetensinya.

Dibawah ini Kami sediakan soal latihan untuk menghadapi post test PKP  Download Soal Latihan Post Test PKP 2019 Dilengkapi Kunci Jawaban

Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) kurikulum 2013.

Meskipun pelaksanaannya tidak serentak, kegiatan PKP telah berjalan dibeberapa daerah. bahkan telah banyak yang selesai melaksanakannya dan tinggal menunggu uji kompetensi simpulan diklat (post test).

Agar bisa menghadapi pos tes dengan baik dibutuhkan persiapan sebelum pelaksanaan, Salah satunya dengan memperbanyak menjawab latihan soal prediksi post test.

Untuk itu dalam postingan ini guru-baik.com akan membagikan prediksi soal yang sanggup dipakai sebagai media latihan biar bisa menjawab soal post test PKP berbasis zonasi 2019.

Bentuk soal post test PKP 2019 terdiri dari pilihan ganda dan essay (uraian) yang berjumlah kurang lebih 100 soal. Untuk lebih terperinci berikut prediksi soal post test PKP yang kami bagikan.

Prediksi Soal Post test PKP Berbasis Zonasi 2019

A.PilihanGanda

PetunjukPengisian:

Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan menunjukkan tanda silang  (X) pada tanggapan yang Saudara anggap benar !

1.Berikut ini pernyataan perihal kompetensi keterampilan :

(1)Kemampuan berfikir meliputi : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta.
(2)Kemampuan berguru meliputi : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan
(3)Kemampuan piker dan tindak mental non motorik menyerupai mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar
(4)Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, menciptakan grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan aneh terdapat pada angka …

a.(1), (2), dan (3)
b.(1), (2), dan (4)
c.(1), (3), dan (4)
a.(2), (3), dan (4)

2.Filosofi pendidikan huruf berdasarkan Ki Hadjar Dewantara sanggup dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:

(1)Individu yang mempunyai keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,
(2)Individu yang mempunyai kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,
(3)Individu yang mempunyai integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan,
(4)Individu yang sehat dan bisa berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Pernyataan di atasmerupakanpenjabarandarifilosofi di bawahini.

a.olah rasa dankarsa, olah raga olah piker, danolahhati
b.olahpikir, olahhati, olah rasa dankarsa, danolah raga
c.olahhati, olah raga, olahpikir, olah rasa dankarsa
d.olahpikir, olah rasa dankarsa, olahhati, danolah raga

3.Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada simpulan jenjang satuan pendidikan?

a.Standar Kompetensi Lulusan
b.Standard Kompetensi
c.Kompetensi Inti
d.Kompetensi dasar

4.Kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan pertolongan stimulus oleh pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data, verifikasi data, dan menyimpulkan dikenal sebagai model …

a.Discovery based learning
b.Problem based learning
c.Inquiry based learning
d.Project based learning

5.Peransatuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali…

a.Melaksanakan kegiatan penyesuaian harian, mingguan, bulanan dan semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran
b.Menciptakan ruang-ruang baca bagi akseptor didik, pendidik, dan tenaga kependidikan
c.Mengawasi dan mewajibkan akseptor didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu
d.Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan akseptor didik.

6.Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal …

a.Menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi
b.Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan
c.Pengkondisian akseptor didik, motivasi, apersepsi dan orientasi tujuan
d.Pengkondisian akseptor didik, memberikan tujuan dan kompetensi dasar

7.Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan Kurikulum 2013 yakni …

a.Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
b.Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses berpikir
c.Pemberian ruang kreatif kepada guru
d.Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran

8.Pada kegiatan pembelajaran, akseptor didik sanggup membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman berguru …

a.Menanya
b.Mengasosiasi
c.Mengumpulkan informasi
d.Mengkomunikasikan

9.Perhatikan komponen-komponen berikut!

1.Identitas sekolah
2.KI-KD-IPK
3.Materi pelajaran
4.Pendekatan pembelajaran
5.Kegiatan pembelaaran
6.Media, alat dan bahan, dan sumber belajar
7.Penilaian

Rencana pelaksanaan pemelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan pendidikan harus memuat …

a.(1), (2), (3), (5), (6), dan (7)
b.(1), (2), (3), (4), (5), dan (6)
c.(1), (3), (4), (5), (6), dan (7)
d.(2), (3), (4), (5), (6), dan (7)

10.“Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran” merupakan tujuan penilaian kelas …

a.Keeping-track
b.Finding-out
c.Checking-up
d.Summing-up

11.Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide dari pada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang harus ia gunakan dalam merumuskan indicator pencapaian tujuan ini?

a.Membandingkan, menguraikan, danmengkritik
b.Mengidentifikasi, menentukan, danmendaftar
c.Menyusun, mencocokkan, danmemilih
d.Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali

12.Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik yakni apabila akseptor tes diukur beberapa kali akibatnya relative sama. Konsep ini disebut …

a.Reliabilitas
b.Validitas
c.Dayapembeda
d.Tingkat kesulitan

13.Perhatikan pernyataan berikut!

(1)Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran
(2)Memandu dan member klarifikasi kesempatan akseptor didik untuk memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentukan langkah selanjutnya
(3)Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran akseptor didik terhadap tujuan kurikulum, standard dan kompetensi
(4)Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran akseptor didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi
(5)Peserta didik memikirkan perihal pembelajarannya dan seni administrasi memperbaiki pembelajarannya
(6)Pendidik menunjukkan informasi kepada orang renta dan pihak lain yang relevan perihal hasil penilaian akseptor didik secara komprehensif

Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor …

a.(1) dan (4)
b.(2) dan (5)
c.(3) dan (6)
d.(4) dan (5)

14.Berikut ini pernyataan perihal kompentensi keterampilan

1.Kemampuan berpikir meliputi : mengingat, memahami,  menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta
2.Kemampuan berguru meliputi : mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar/ mengasosiasi, dan mengkomunikasikan
3.Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorik menyerupai mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.
4.Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur menciptakan grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan aneh terdapat pada angka …

a.(1), (2) dan (3)
b.(1), (2) dan (4)
c.(1), (3) dan (4)
d.(2), (3) dan (4)

15.Perhatikan tabel di bawah ini!

KD
Praktik
Produk
Proyek
Portofolio
Nilaiakhir (Pembulatan
4.1
87







P
4.2
66
75






Q
4.3




92



R
4.4


75

82



S

Nilai P, Q, R dan S secara berturut-turutadalah …

a.87; 70; 92; 79;
b.87; 75; 92; 79;
c.87; 75; 92; 82;
d.87; 66; 92; 75;

16.Pendekatan saintifik sanggup dilakukan melalui banyak sekali metode. Metode yang kurang sesuai dengan pendekatan saintifik yakni …

a.Simulasi
b.ceramah
c.Diskusi
d.Eksperimen

17.Perhatikan pernyataan berikut!

(1)Menentukan seni administrasi pembelajaran pada setiap kompetensi dasar
(2)Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi
(3)Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD
(4)Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa

Pernyataan tersebut merupakan langkah-langkah yang sanggup dilakukan pendidik dalam …

a.Membuat tes terstandar
b.Merancang pembelajaran konseptual
c.Melakukan penilaian kelas
d.Menyusun silabus

18.Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan problem lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya menciptakan karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan.

Teknik penilaian apakah yang sebaiknya ia lakukan?

a.Tes lisan
b.Penilaian praktik
c.Penilaian produk
d.Portofolio

19.Pernyataan yang tidak sempurna berkaitan dengan penilaian sikap yakni …

a.Hasil observasi olen pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran merupakan sumber informas iutama, sedangkan penilaian diri dan penilaian antar teman merupakan infomasi penunjang
b.Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat, sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan/atau deskripsi
c.Catatan hal-hal positif dan menonjol dalam jurnal dipakai untuk menguatkan sikap positif, sedangkan catatan sikap negatif dipakai untuk pembinaan. Berdasarkan catatan tersebut pendidik menciptakan deskripsi sikap perserta didik selama satu semester
d.Langkah-langkah yang sanggup dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain :pertama, mengamati sikap akseptor didik; kedua, mendokumentasi sikap pesera didik; dan ketiga; menindak lanjuti hasil pengamatan.

20.Teknik penilaian yang sanggup dipakai untuk menilai keterampilan siswa dalam memakai alat serta mekanisme kerja dalam laboratorium yakni …

a.Penilaian tertulis
b.Penilaian produk
c.Penilaian praktik
d.Penilaian projek



Kunci Jawaban Prediksi Soal Post Test PKP Berbasis Zonasi 2019

LEMBAR JAWABAN POST TEST
NAMA :.......................................................
KELAS:.......................................................
UNIT KERJA:.......................................................

A.PILIHAN GANDA

NO.
PILIHAN JAWABAN

NO.
PILIHAN JAWABAN
1.
A
B
C
D

11.
A
B
C
D
2.
A
B
C
D

12.
A
B
C
D
3.
A
B
C
D

13.
A
B
C
D
4.
A
B
C
D

14.
A
B
C
D
5.
A
B
C
D

15.
A
B
C
D
6.
A
B
C
D

16.
A
B
C
D
7.
A
B
C
D

17.
A
B
C
D
8.
A
B
C
D

18.
A
B
C
D
9.
A
B
C
D

19.
A
B
C
D
10.
A
B
C
D

20
A
B
C
D
B. URAIAN

Download soal latihan Post Test PKP Berbasis Zonasi 2019 dilengkapi kunci jawaban, Disini 

Demikian Sajian kami terkait latihan prediksi soal post test PKP berbasis Zonasi 2019, Semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan refferensi, Terima Kasih.


Sumber https://guru-baik1.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel