16 Cara Cek Xiaomi Orisinil Dan Palsu (Kw, Replika) Akurat

Jika pada postingan sebelumnya admin pernah mengulas 10 Perbedaan Smartphone Xiaomi Asli, maka pada kesempatan ini admin akan membahas yang lebih rinci lagi dari sebelumnya lantaran banyak penggemar Xiaomi yang merasa sangat risih dengan keberadaan smartphone Xiaomi palsu (KW, replika, supercopy, fake, tiruan, kingcopy) dan sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, Xiaomi yaitu perusahaan teknologi yang bergerak dibidang smartphone, nama Xiaomi sudah tidak mengecewakan tenar. Pasalnya, vendor asal negeri Tirai Bambu ini memperlihatkan ponsel berakal yang di banderol dengan harga sangat murah meskipun mengusung spesifikasi dengan peforma yang gurih.

Jika pada postingan sebelumnya admin pernah mengulas  16 Cara Cek Xiaomi Asli dan Palsu (KW, Replika) Akurat

Ketenaran Xiaomi tidak semerta-merta mulus begitu saja. Seperti kata pepatah “semakin tinggi sebuah pohon maka akan semakin kencang pula angin yang meniupnya” terbukti dengan dimanfaatkannya ketenaran Xiaomi oleh pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan, tetapi tidak dengan cara yang benar.

Salah satunya yaitu dengan menciptakan dan menjual HP Xiaomi replika atau yang biasa disebut KW. Uniknya, ponsel Xiaomi tiruan tersebut benar-benar ibarat dengan aslinya. Memang ada beberapa perbedaan minor di antara keduanya. Namun, kalau dilihat secara kasat mata, sangat sulit untuk membedakan Xiaomi orisinil dan palsu.

Lantas, bagaimana cara mengecek keaslian dari smartphone Xiaomi? Berikut ini admin Bedahp.com akan merangkumnya sebagai berikut:

1 Langkah Preventif (Tempat Resmi)
Penipuan rawan terjadi pada penjualan online dibandingkan offline lantaran pembeli tidak sanggup melihat produk secara langsung. Sehingga perbedaan HP Xiaomi orisinil dan palsu sulit diidentifikasi dari awal. Jika anda ingin membeli online sebaiknya konsumen berbelanja produk di situs yang resmi dan terpercaya.

Xiaomi biasanya juga menggelar kegiatan flash sale pada situs resmi dan terpercaya pada waktu tertentu. Dengan tips ini pembeli tidak akan tertipu dengan barang palsu atau bajakan.

2 Cek Fisik HP Xiaomi
Cara membedakan xiaomi orisinil dan palsu selanjutnya yaitu dengan cara cek fisik. Ciri Xiaomi palsu umumnya mempunyai back-case yang sedikit ngeblur, tidak adanya akta replacement dan garansi, ujung box terlihat kurang tajam, tidak adanya instruksi kemanan, layar booting hitam dan buku garansi terlihat murahan (kertas hanya dengan kualitas yang jelek / murahan ).

3 Teliti Kejernihan Layar
Kerapatan pixel pada Xiaomi orisinil memilih ketajaman warna dan kejernihan gambar pada ketika smartphone tersebut sedang digunakan. Produk Xiaomi ori mempunyai warna cahaya yang terperinci dan jernih, sedangkan produk Xiaomi palsu mempunyai warna layar putih kekuning-kuningan dan terlihat agak buram.

4 Melalui Website Resmi Xiaomi
Cara paling gampang melaksanakan pengecekan terhadap originalitas Xiaomi yaitu dengan memakai tools atau aplikasi pengecekan buatan Xiaomi sendiri. Anda hanya perlu masuk ke situs www.jd.mi.com lewat browser di PC, notebook, laptop atau pinjam HP teman.

Kemudian, download file APK yang sudah tersedia di situs tersebut. Setelah itu, pasang aplikasi tersebut di HP Xiaomi yang akan dicek keasliannya kemudian jalankan aplikasi sehabis proses instalasi selesai.

CATATAN: Untuk sanggup memasang aplikasi tersebut anda harus mengaktifkan dulu mode instalasi aplikasi dari sumber di luar Google Play Store melalui sajian Settings > Additional Settings > Privacy > Unknown Sources.

Sekarang anda refresh situs web www.jd.mi.com, kemudian arahkan HP Xiaomi anda ke instruksi QR yang ada di website. Arahkan sampai proses investigasi selesai. Setelah itu, situs web akan mengatakan info apakah HP Xiaomi yang diuji orisinil atau tidak.

5 Keberadaan Google PlayStore
Jika pada kebanyakan ponsel berakal atau phablet Android dilengkapi dengan Google Playstore, lain halnya dengan Xiaomi palsu (fake).  Umumnya Google play pada Xiaomi palsu tidak ada ataupun kalau ada tidak akan berfungsi (tidak sanggup dibuka).

6 Amati Kapasitas RAM
Semenjak vendor asal Negeri Tirai Bambu ini populer di Indonesia, Xiaomi selalu menyematkan kapasitas RAM paling kecil 1GB. Apabila produk Xiaomi yang akan anda beli kapasitas RAM berada di bawah spesifikasi produk orisinil itu niscaya KW.

7 Perhatikan Baterai Xiaomi
Kapasitas baterai pada setiap smartphone Xiaomi tentu berbeda-beda, anda bisa melihat spesifikasi baterai padaperangkat Xiaomi yang akan di beli. Jika kapasitas baterai tidak sesuai dengan spek maka niscaya itu smartphone Xiaomi supercopy.

Selain itu, perbedaan antara baterai HP Xiaomi dengan perangkat dari vendor lain yaitu warna baterainya yang khas. Xiaomi melapisi baterai pada setiap devicenya dengan warna orange yang terlihat menarik. Kemungkinan besar produk Xiaomi Palsu biasanya malas untuk melaksanakan hal ini lantaran takut menghabiskan banyak dana.

8 Lihat ROM MiUi
Cara lainnya yaitu dengan mengecek versi sistem operasi. Biasanya, perangkat Xiaomi dirilis memakai MIUI, nama tampilan antarmuka buatan Xiaomi, versi stabil. Untuk mengeceknya anda pergi ke sajian Setting > About Phone. Jika disana ditulis versi MiUi masih Beta, ada kemungkinan itu perangkat palsu.

Melihat versi ROM juga bisa dijadikan sebagai salah satu langkah preventif untuk membedakan ROM Xiaomi abal-abal dan Ori (resmi). Pengguna juga bisa melaksanakan pencarian di internet, untuk mencocokkan versi MIUI yang tercantum di perangkat. Jika tidak ditemukan, bisa jadi produk tersebut palsu.

9 Amati Tangkapan Gambar
Anda juga bisa mengecek hasil foto, resolusi, dan apertur dari kamera yang ada di perangkat Xiaomi. Pastikan sesuai dengan spesifikasi resmi perangkat. Satu hal yang harus diingat, meski perangkat bisa menghasilkan gambar yang baik, belum tentu produk tersebut asli.

10 Cek IMEI Perangkat
Satu hal yang tidak kalah penting, cek IMEI dan serial number. Pastikan kedua info tersebut sesuai dengan kotak penjualan. Dalam kasus yang dialami Prasetyo, nomor IMEI perangkat sesuai dengan kotak, tetapi serial numbernya berbeda.

Terdapat empat cara cek serial number xiaomi, antara lain:
  • Melihat nomor IMEI pada dus box pembelian
  • Membuka sajian Phone kemudian mengetik *#06# maka nomor IMEI akan muncul.
  • Membuka sajian Setting > About Phone > IMEI.
  • Membuka casing belakang Xiaomi untuk melihat nomor IMEI yang melekat disana.

11 Factory Reset dan Aplikasi
Seorang blogger berjulukan Prasetyo Herfianto pernah memposting dalam blognya lantaran pernah tertipu oleh produk palsu Xiaomi, korban perangkat Xiaomi palsu ini kemudian memaparkan beberapa langkah gampang untuk pengecekan Xiaomi asli.

Menggunakan factory reset atau menghapus semua data yang ada. Tampaknya, si peniru perangkat berhasil menciptakan software yang "mampu" menipu aplikasi benchmark, seakan produk ini memakai spesifikasi yang sama dengan aslinya. Dengan factory reset, software tersebut akan terhapus dan aplikasi-aplikasi benchmark sanggup mengenali dan mengidentifikasi hardware sebenarnya.

Setelah itu, gunakan tiga aplikasi benchmark ini, yakni Antutu, CPU-Z, dan Sensor Box. Perhatikan secara mendetail, apakah spesifikasi yang dibekali di perangkat benar-benar sama dengan aslinya atau tidak. Pastikan juga jumlah sensor yang dimiliki benar.

12 Akses Recovery & Fastboost
Cara mengetahui perbedaan HP Xiaomi orisinil dan palsu selanjutnya yakni dengan mengakses MI Recovery dan MI Fastboost. Saat masuk pada MI Recovery dan MI Fastboost maka dipastikan terdapat tampilan gambar kelinci MI yang sedang mengoperasi robot Android, kemudian keluar tampilan pilihan bahasa (Chinese or English). Jika sajian pilihan itu muncul makan HP Xiaomi anda dipastikan asli. Apabila tampilan eksklusif ke sajian recovery maka dipastikan HP Xiaomi tersebut palsu.

Akses ke MI Recovery yaitu dengan cara tekan dan tahan bersamaan tombol Power dan Volume Up ketika kondisi awal smartphone mati atau masuk ke folder Security Xiaomi > Icon Updater > Option > Reboot to Recovery Mode. Sedangkan untuk saluran ke MI Fastboost dengan cara tekan dan tahan bersamaan tombol Power dan Volume Down ketika kondisi awal HP Xiaomi mati.

13 Cek Garansi Xiaomi
Cek Garansi pada HP Xiaomi sanggup menjadi salah satu teladan untuk mengetahui perbedaan HP Xiaomi orisinil dan palsu yang ada dalam pasar ketika anda mau membeli. Tidak hanya ponsel berakal Xiaomi, namun pada perangkat berakal original brand apapun yang mempunyai kualitas baik, niscaya berani memperlihatkan garansi minimal 1 tahun untuk meyakinkan konsumen membeli produk brand mereka. Sehingga apabila terdapat harga smartphone Xiaomi yang murah dan hanya memperlihatkan syarat garansi dibawah 1 tahun, maka sudah sanggup dipastikan kalau pruduk tersebut palsu.

14 Menguji Kode Rahasia
Jika anda buka sajian phone kemudian dial *#*#64663#*#* maka akan muncul engineering mode yang dipakai untuk menguji keaslian Xiaomi sekaligus mengecek kerusakan smartphone Xiaomi anda. Selain instruksi tersebut, masih ada aneka macam instruksi yang sudah pernah admin bahas sebelumnya disini 85 instruksi belakang layar Xiaomi all type yang bisa anda tes satu per satu instruksi tersebut.

15 Waspada Harga Murah!
Ciri yang lain biasanya bisa dilihat pada harga Xiaomi palsu yang relatif lebih murah dari kebanyakan harga Xiaomi di pasaran, meski tidak menutup kemungkinan kalau produk fake tersebut juga dibanderol dengan harga yang serupa dengan yang versi original. Oleh alasannya itu cermatilah sebelum  Anda membeli sebuah produk.

16 Bertanya di Forum Xiaomi
Banyak terdapat group-group yang mengulas sepetutar Xiaomi dan disana terdapat aneka macam fans Xiaomi ibarat pada facebook FORUM XIAOMI INDONESIA atau di youtube dengan channel Maha Gadged yang aneka macam mengulas tutorial Xiaomi. Anda bisa berdiskusi disana sehingga interaksi anda eksklusif menjadi lebih hidup.

Baca Juga: 20 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot (Lag, Hang)

Untuk memperkuat referensi, anda bisa membaca postingan lain terkait HP Xiaomi pada related post di bawah! Sekian cara cek Xiaomi orisinil dan palsu (KW, replika, supercopy, fake, tiruan, kingcopy) dan lain sebagainya yang terbukti work serta akurat dan bisa diterapkan pada semua smartphone xiaomi ibarat Xiaomi Redmi Note 4 5 6, Xiaomi Mi 5 6 7, Xiaomi Redmi 4a 5a 6a dan sebagainya.
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel