3 Cara Mengecek Sisa Free Ram Oppo Yang Benar!

Apakah anda pengguna Oppo? Jika iya, kemudian sudahkah anda mengetahui bagaimana cara mengecek sisa free RAM Oppo yang anda punya? Jika anda memang sedang mencari cara melihat kapasitas RAM yang tersisa pada smartphone kesayangan anda itu maka anda berada di postingan yang sempurna ketika ini.

Admin akan menawarkan anda tips menarik perihal bagaimana cara melihat sisa RAM Oppo yang masih banyak yang belum mengetahuinya terutama bagi mereka yang masih awam dalam memakai smartphone berbasis android ibarat Oppo A37 A57 A59, dan produk Oppo lainnya.

Sebelum mengecek kapasitas RAM Oppo, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu RAM? Mimin akan jelaskan sedikit menegenai pengertian RAM dengan segenap upaya semoga anda dapat memahaminya dengan semudah mungkin sehingga jikalau ditanya sobat atau orang lain kita dapat menjawabnya.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yaitu memori yang dapat diakses secara acak sesuai dengan kebutuhan. Maksudnya, memori ini mempunyai menyimpan sementara aplikasi atau game apa saja yang sedang dijalankan.

Misalnya jikalau kita memainkan sebuah game yang berukuran 65 MB maka jumlah RAM Oppo yang dipakai sudah 65 MB bahkan dapat lebih. Sehingga jikalau Oppo anda mempunyai RAM 2 GB kemudian anda gunakan untuk menjalankan aplikasi kamera, aplikasi sosial media, gallery, file manager, dan aplikasi lainnnya maka kapasitas RAM akan berkurang secara drastis.

Oleh lantaran itu, sebaiknya anda pikirkan matang-matang sebelum membuka banyak aplikasi. Saran saya bukalah aplikasi yang penting-penting saja semoga sisa RAM di Oppo anda tetap longgar. Karena jikalau RAM full, maka HP anda akan lemot, macet bahkan dapat restart sendiri.

Perbedaan RAM dan Internal
Lalu apa bedanya RAM pada Oppo dengan memori Internal? Memori internal bertugas menyimpan data-data instalasi aplikasi, game, menyimpan dokumen, foto, video, dan banyak sekali file lainnya yang dianggap penting.

Setelah aplikasi atau game yang sudah di install itu dijalankan barulah pada ketika itu RAM digunakan. Persamaan RAM dengan memori internal yaitu sama-sama menempel secara permanen pada perangkat Oppo anda sehingga RAM dan ROM tidak dapat diganti.

Tidak ibarat memori eksternal yang dapat anda ganti kapasitas penyimpanannya sesuka hati. Oke kini kita sudah tahu pengertian RAM serta perbedaan dan persamaan RAM dan internal memori.

Sekarang pribadi saja saya berikan cara cek RAM Oppo yang benar yang sudah saya coba sendiri. Silahkan lihat step by step di bawah ini!

Baca Juga: 10 Cara Membedakan HP Oppo Asli dan Palsu

3 Cara Mengecek Sisa Free RAM Oppo Yang Benar!

1) Pertama pegang HP Oppo kesayangan anda dengan lembut hehehe… Biar dihayati maksudnya. Kalau HP Oppo anda sudah anda sayangi niscaya menerapkan cara ini akan menjadi semakin mudah.

2) Sekarang silahkan anda tekan "tombol menu", yang berada padabagian paling kiri. Jika masih bingung, silahkan lihat gambar di bawah!


3) Setelah "tombol menu" di tekan, maka akan muncul sisa free RAM dari penggunaan akhir aplikasi yang telah anda jalankan ibarat pada gambar di bawah!


Nahh, yang tertera angka "200 MB" yakni sisa free RAM HP Oppo yang anda miliki.

Untuk menambah kapasitas RAM pada HP Oppo, silahkan anda klik tanda X (yang diberi bundar merah) pada multitasking tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah!


Setelah tanda X, di klik maka kapasitas RAM pada HP Oppo akan bertambah lantaran semua aplikasi akan tertutup. Lihat gambar di bawah!


Jika kapasitas RAM Oppo sudah longgar kini anda dapat menjalankan aplikasi atau game berat sekalipun ketika ini sudah tidak ada hambatan lagi.

CATATAN: Cara mengecek kapasitas RAM Oppo di atas dapat tidak work di beberapa smartphone Oppo terbaru lantaran memakai Ui dan versi android yang gres pula. Untuk mengatasinya, silahkan lihat langkahnya di bawah! 

Baca Juga: 2) Cara Cek Kerusakan HP Android Oppo 100% Akurat

Cara Lain Cek RAM Oppo Terbaru!

Jika pada HP Oppo anda tidak muncul sisa free RAM memakai cara di atas, maka ikuti cara di bawah ini!

1) Gunakan aplikasi CPU-Z yang dapat anda unduh di Google Play Store dan install sampai selesai. Jika anda tidak punya Paly Store, anda dapat mendownload di pencarian Google. 

2) Buka aplikasi CPU-Z kemudian geser ke kanan semoga berada di hidangan Device ibarat pada gambar di bawah!



3) Maka akan muncul disana sisa free RAM Oppo yang anda miliki secara realtime sehingga anda dapat mengontrol aplikasi yang akan dibuka maupun di close. 

Jika sisa free RAM Oppo anda sudah longgar kini anda dapat menjalankan aplikasi atau game berat sekalipun ketika ini sudah terbebas dari semua hambatan ibarat lemot, lag, error dan sebagainya.

Manfaat Menerapkan Cara Di Atas
Apabila anda menerapkan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda sudah mendapat dua manfaat yaitu; Manfaat pertama, anda kini sudah dapat mengecek sisa RAM HP Oppo yang anda miliki.

Manfaat yang kedua, anda kini dapat menambah kapasitas RAM Oppo dengan cara menghentikan aplikasi yang tidak penting yang berjalan di belakang background tersebut.

Tips Lain Melonggarkan RAM Oppo
Ternyata ada tips lain yang dapat dipakai untuk menambah kapasitas RAM di HP Oppo yang kita miliki, salah satunya dengan cara di bawah ini:


• Buka hidangan Pengaturan (Setting) pada HP Oppo, kemudian anda pilih hidangan "About Phone".

• Setelah itu klik/sentuh sebanyak 7 kali pada Nomor Bentukan sampai muncul notifikasi "Anda sudah jadi pengembang".

• Kemudian kembali ke hidangan Pengaturan, kemudian pilih Developer Option, kemudian cari dan pilih "Background Process Limit".

• Ubah pengaturan dari Batas Standar menjadi Tidak ada proses latar belakang, Selesai! Kini RAM Oppo kalian sudah longgar kembali.

CATATAN: Tidak semua smartphone Oppo dapat melaksanakan hal ini, hanya ponsel bakir Oppo keluaran terbaru yang dapat melakukannya.

Baca Juga: 5 Cara Kunci (Lock) Jaringan 4G Oppo 100% Work

Jika anda sudah mendapat kedua manfaat pada Oppo, sebagai insan yang baik sudah menjadi kewajiban anda untuk menawarkan pengetahuan ini kepada teman-teman atau kerabat terdekat anda dengan cara mengajari mereka atau membagikan postingan ini.

INGAT! cara melihat sisa free RAM HP Oppo ini dapat dipakai untuk semua jenis smartphone asal Tiongkok ini. Termasuk smartphone premium Oppo F1 F3 F5, dll.

Untuk menambah wawasan anda, lihat juga postingan terkait Oppopada related post di bawah! Demikianlah tips cara mengecek sisa free RAM HP Oppo yang benar kali ini. Silahkan anda gunakan langkah-langkah di atas secara bijak sehingga bermanfaat bagi kita semua.
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel