5 Cara Cek Layar Lcd Oppo Normal/Rusak

Pastinya bagi agan yang mempunyai HP Oppo sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengecek layar LCD Oppo normal/rusak sehingga dikala agan membeli smartphone gres atau bekas bisa memperoleh perangkat yang berkualitas manis dan semua fitur yang ada di dalamnya berjalan dengan baik.

Sebelum kita membahas lebih dalam wacana pengecekan layar sentuh (touchscreen) Oppo, sebaiknya kita ketahui dulu apa itu LCD dan jenis layar sentuh apa yang dipakai oleh perangkat Oppo. Layar LCD atau Liquid Crystal Display yaitu elemen yang terdiri dari lapisan kristal cair dan tidak memerlukan banyak energi untuk layar, teknologi ini sangat terkenal di perangkat smartphone, phablet, tablet, maupun ponsel.

Layar LCD dianggap  sangat ideal dipakai pada perangkat smartphone, alasannya yaitu layar ini bisa menampilkan gambar yang baik meskipun berada di bawah sinar matahari langsung, alasannya yaitu seluruh tampilan diterangi oleh cahaya dari background layar ini.

Tipe Layar LCD Digunakan Oppo

Oppo biasanya menggunakan tipe layar IPS atau In Place Switching pada perangkat smartphone kelas menengah ke bawah, dimana layar jenis ini mempunyai tampilan dan sudut pandang lebih baik dari layar TFT.

Layar IPS ini sudah diterapkan Oppo pada perangkat Mid-range menyerupai Oppo A37 A57 A59, Oppo A71 A77 A39, Oppo R5 R7 R9, dll. Menurut beberapa sumber layar IPS ini menggunakan daya baterai yang lebih irit daripada layar tipe TFT, menunjukkan bantuan supaya daya tahan baterai lebih lama.

Ternyata Oppo juga menggunakan layar IPS ini untuk smartphone kelas atasnya menyerupai Oppo F1 F3 F5, dan sebagainya. Alasan Oppo menggunakan layar jenis ini tetntu alasannya yaitu harganya yang terjangkau serta mempunyai kualitas yang bagus.

Bagaimana Cara Cek Layar LCD Oppo?

Ada 5 cara yang bisa agan gunakan untuk mengecek kerusakan layar LCD pada Oppo, untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti step by step berikut:

1) Buka sajian dial phone menyerupai gambar di bawah ini, kemudian ketik *#800# untuk memunculkan sajian hardware test yang bersifat diam-diam yang hanya bisa dipanggil menggunakan aba-aba itu saja, silahkan lihat gambar di bawah!


2) Setelah agan mengetik dengan benar aba-aba tersebut, maka banyak menu-menu EngineerMode akan muncul menyerupai gambar di bawah. Agan cari saja sajian TouchScreen dan LCD Test lalu abaikan sajian yang lainnya jikalau ingin mengecek kerusakan LCD Oppo.


3) Setelah kotak warna merah agan klik, maka akan muncul kotak untuk meguji sensitivitas layar LCD Oppo yang agan gunakan. Silahkan agan tekan dan tahan semua kotak tersebut kemudian geser menyerupai gambar di bawah, sampai semuanya kotak menjadi hijau.

4) Jika semua semuanya coretan berjalan mulus artinya tidak ada kerusakan pada layar touchscreen Oppo, namun jikalau ada salah satu kotak yang tidak bisa menjadi hijau, itu berarti ada kerusakan pada sensitivitas layar LCD dan layar tersebut harus segera diganti supaya kerusakannya tidak menjalar.

5) Lakukan pengujian juga pada sajian lainnya sehingga agan bisa memastikan normalitas Oppo yang agan miliki dan tidak ragu wacana kesehatan smartphone agan.

Cara ini sudah teruji dan risikonya 100% akurat pada Oppo Neo 7 yang referensinya admin dapatkan dari Youtube sehingga postingan ini dibuat. Silahkan agan gunakan cara ini untuk mengambarkan apakah layar touchscreen Oppo agan normal/rusak.

Baca Juga: 3 Cara Mengecek Sisa Free RAM Oppo Yang Benar!

Demikian 5 Cara Cek Layar LCD Oppo Normal/Rusak semoga bermanfaat bagi kita semua, jikalau ada yang kurang terperinci silahkan komentar di bawah. Untuk postingan lain terkait smartphone Oppo silahkan lihat di bawah!
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel