20 Cara Mengatasi Vivo Lemot/ Lelet (Lag, Hang, Mati Total)

Mengetahui cara mengatasi HP Vivo lemot/ lelet/ lambat (lag, hang, mati total) dan loading usang sangat penting untuk diterapkan pada Vivo V9 V7 V5 Plus, Vivo Y53 Y71 Y65, Vivo NEX S A dan semua perangkat Vivo lainnya. Jika device yang kita punya lemot, niscaya sangat menjengkelkan apalagi ketika kita sedang benar-benar butuh alasannya yaitu ada kepentingan yang mendesak. Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang mempunyai peforma tangguh dalam segala hal. Sehingga perlu dilakukan banyak sekali cara semoga HP Vivo tidak lemot (lag, hang, mati total) dan sebagainya. Sebelum kesana, kita bahas dulu penyebab Vivo lemot/ lelet/ lambat, alasannya yaitu kata pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati" Sehingga jikalau kau mengetahui penyebabnya kau sanggup meminimalisir kerusakan Vivo yang kau sayangi.

Penyebab HP Vivo Lemot (Lag, Hang)

Nah, berikut ini yaitu beberapa penyebab yang menimbulkan HP Vivo menjadi lemot:

1) Perhatikan spesifikasi Vivo, menyerupai kapasitas internal memori dan Random Acces Memory (RAM), apakah mempunyai kapasitas yang cukup besar untuk mendukung aplikasi canggih yang kau pasang. Untuk mengetahuinya silahkan baca cara mengecek sisa free RAM Vivo, disana akan ditampilkan keterangan RAM dan Internal memori HP Vivo yang kau pakai.

2) Versi OS yang jadul, jikalau kau pengguna yang gres membeli atau menggunakan Android maka kau harus mengetahu versi sistem operasi yang dipakai pada device itu. Mungkin kau telah mendengar perihal Android 5, Android 6, dan seterusnya. Cara memeriksanya yaitu buka sajian Setting > About Phone > Android version.

3) Class Memori External (Micro SD), lupakan dengan jumlah kapasitas eksternal memori yang kau pakai alasannya yaitu admin yakin jumlah kapasitas yang kau gunakan bisa 16Gb, 32Gb atau 64Gb. Namun point yang paling penting bukan terletak dikapasitas memorinya melainkan dari Class memori itu sendiri.

Memori External (Micro SD) terbaik yaitu Micro SD yang mempunyai Class 10 dan akan sangat cocok bagi kau yang menggunakan OS Android untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan menggunakan Micro SD yang mempunyai class 10 kau tidak perlu khawatir jikalau mengembalikan file yang terhapus alasannya yaitu biasanya class ini lebih kuat.

Cara mengetahui class suatu memori adalah, matikan perangkat kau kemudian buka HP Vivo kau kemudian buka dan lihat Micro SD tersebut biasanya akan ada angka 4, 6 dan 10 yang terlihat menggunakan abjad kecil.

4) Terlalu banyak aplikasi, yang bisa mengakibatkan Android kau blank, crashing, force close dan bahkan mengakibatkan HP Vivo kau menjadi lemot. Biasakan untuk selalu download aplikasi dari Google Play Store atau Amazon Apps alasannya yaitu server mereka akan melaksanakan scanning otomatis terhadap jenis versi aplikasi yang cocok untuk perangkat Vivo kamu.

Selain itu dengan membiasakan mengunduh dari sana akan menciptakan HP Vivo kau menjadi lebih kondusif dari bisul malware alasannya yaitu mereka selalu menyidik otomatis setiap aplikasi yang dicurigai mempunyai virus akan dihapus dari pasar mereka.

Apa Manfaat Menerapkan Cara Ini?

Jika kau benar-benar serius untuk menerapkan cara yang akan Bedahp.com share berikut ini, maka ada beberapa manfaat yang bisa kau peroleh yakni:

a) HP Vivo Makin Kenceng
Sudah niscaya ketika kau berhasil mengikuti step by step dengan baik maka kapasitas RAM smaryphone Vivo kau akan bertambah yang menciptakan peforma semakin kenceng.

b) Vivo Kaprikornus Hemat Baterai
Seperti diketahui, aplikasi yang berjalan di latar belakang memang cukup banyak mengkonsumsi daya baterai sehingga wajib kau hentikan dan membukanya ketika diharapkan saja.

c) Irit Kuota Data Internet
Tidak bisa dipungkiri, mayoritas aplikasi yang berjalan di latar belakang selalu mengambil kuota internet ketika kau menghidupkan paket data seluler maupun Wifi. Jika aplikasi ini terus dibiarkan maka kantong dompet kau akan cepat terkuras alasannya yaitu sering beli paket internet.

d) HP Vivo Terhindar dari "Overheat"
Makin banyak aplikasi yang dibuka maka smartphone kau akan kerja ekstra keras sehingga cenderung cepat panas. Hal itu menciptakan baterai menjadi cepat kembung. Namun dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, kau sudah berkontribusi memperpanjang umur baterai dan menjaga suhu smartphone Vivo tetap stabil.

Jika beberapa manfaat di atas kau rasa penting dan ingin memdapatkannya, kau bisa pribadi mengikuti tahap demi tahap tutorial yang akan saya bagikan di bawah ini!

Inilah 20 Cara Mengatasi Vivo Lemot (Lag, Hang)

Setelah kau mengetahui manfaat di atas, maka akan sangat bijaksana jikalau kau pribadi menerapkannya dengan mengikuti semua langkah-langkah di bawah secara tepat.

1) Buka Menu "Tentang Ponsel"
Silahkan kau pergi ke sajian Pengaturan => Tentang Ponsel => Versi seperti yang terlihat pada gambar di bawah! Kamu abaikan sajian yang lainnya, cukup fokus saja pada Versi Perangkat Lunak kemudian tekan sebanyak 7 kali hingga mode pengembang aktif.


CATATAN: Jika ketika membuka sajian Tentang Ponsel tidak pribadi ketemu Menu Versi Perangkat Lunak, kau ubek-ubek disekitar sajian Tentang Ponsel tersebut mungkin ia berada di sajian Tentang Ponsel => Status atau lainnya. Intinya kau cari disana hingga ketemu.

2) Cari sajian "Opsi Pengembang"
Setelah Nomor Versi di klik sebanyak 7 kali maka mode pengembang sudah diaktifkan, selanjutnya silahkan kau temukan sajian tersebut di sekitar sajian Pengaturan => Pengaturan Lainnya => Opsi Pengembang, menyerupai gambar di bawah!


CATATAN: Jika Opsi Pengembang tidak ditemukan, kau cari Pilihan Pengembang atau Developer Option. Pokoknya kau ubek-ubek sajian Pengaturan hingga ketemu sajian tersebut alasannya yaitu setiap smartphone Vivo letaknya berbeda.

3) Buka sajian "Opsi Pengembang"
Setelah sajian "Opsi Pengembang" ketemu, kau pribadi klik saja sajian tersebut maka akan ada banyak sajian lain namun kau abaikan saja, kau scrol saja terus ke bawah hingga ketemu sajian "Batas proses latar belakang" sempurna menyerupai teladan gambar di bawah!


4) Buka "Batas proses latar belakang"
Silahkan kau buka sajian "Batas proses latar belakang" tersebut kemudian setting menjadi "Tanpa proses latar belakang" menyerupai yang tertera di gambar di bawah!


CATATAN: Ketika kau sudah menentukan "Tanpa Proses Latar Belakang" maka tidak akan ada aplikasi yang berjalan dibelakang background tanpa seizin dari kau sehingga akan meningkatkan peforma Vivo kesayangan kamu.

5) Selesai! close Opsi Pengembang
Setelah cara 1 hingga 4 diterapkan, kini kau sudah berhasil menghemat kapasitas RAM di HP Vivo yang sudah saya buktikan 100% di Vivo V9 yang menggunakan Android 8.1 (Oreo).

6) Cek Sisa FreeRAM HP Vivo
Sekarang silahkan kau buka sajian task manajer pada HP Vivo dan lihat kapasitas RAM HP Vivo kau kini sudah bertambah dan menciptakan smartphone tersebut menjadi semakin kencang. Karena hanya aplikasi yang penting saja yang berjalan di belakang background sehingga kapasitas RAM menjadi longgar. Sekarang tidak ada aplikasi yang berjalan dibelakang layar tanpa seizin dari kau yang membukanya. Sisa RAM pun bertambah yang menciptakan smartphone Vivo kau tambah kenceng abis, ekonomis baterai, ekonomis kuota dan masih banyak lagi.

7) Atur Sinkronisasi HP Vivo
Atur Sinkronisasi HP Vivo, dengan tujuan semoga tidak mengambil banyak koneksi paket data internet yang diminta untuk ditampilkan dan di download secar otomatis. Karena jikalau dibiarkan secara default selain membebani RAM juga menguras kuota data internet.

8) Hapus Widget Home Screen
Hindari terlalu banyak menampilkan widget di layar utama HP Vivo kau meskipun menggunakan banyak widget akan terlihat keren namun sesungguhnya memberatkan perangkat, pastikan kau hanya menggunakan widget untuk aplikasi yang benar-benar memliki fungsi yang kau butuhkan saja.

9) Gunakan Satu Antivirus Saja
Karena aplikasi menyerupai ini biasanya sering bekerja pada background dan memantau sistem terdalam dari HP Vivo kamu. Jika kau menggunakan lebih dari satu Antivirus maka permintaaan RAM pun akan menjadi lebih besar.

10) Gunakan Aplikasi yang dibutuhkan
Semakin banyak aplikasi yang di install, maka akan semakin banyak pula usul RAM yang harus diambil. Kamu harus meminimalisir penggunaan aplikasi yang berlebihan dan menghapusnya jikalau tidak dibutuhkan.

11) Hindari Memakai Live Wallpaer
Akan terlihat lebih keren dan segar ketika kau menggunakan live wallpaper namun hal ini justru akan menciptakan baterai HP Vivo kau cepat habis dan mengakibatkan lemot.

12) Matikan HP Saat Mengisi Daya
Biasakan ketika mengisi baterai HP Vivo kau harus dalam keadaan Mati. Selain akan menciptakan baterai kau menjadi lebih infinit hal ini juga akan menciptakan kalibrasi atau sensitifitas dari touch screen Kamu tetap terjaga dan menghindari error.

13) Gunakan Clean Master
Gunakan Clean Master di HP Vivo kau kemudian bersihkan secara teratur junk files, cookies dan cache. Setiap kali kau mengakses internet semua data website akan disimpan di cache browser yang kau gunakan. Selain itu aplikasi ini juga sanggup mengambil residual file atau folder kosong yang dibentuk otomatis oleh banyak sekali aplikasi sehingga mengakibatkan internal memori kau akan menjadi penuh dengan file dan data yang tidak berguna.

14) Aktifkan Auto Kill
Pada Vivo kamu, aktifkan Auto Kill pada Clean Master. Tujuan auto kill yaitu untuk mematikan secara paksa aplikasi lain yang dianggap mengambil RAM yang berlebihan. Tenang saja, fitur ini kondusif dan akan bekerja pada background secara otomatis.

15) Gunakan aplikasi berbayar
Ketika kau menggunakan aplikasi versi gratis gotong royong HP Vivo kau sedang dijadikan sebagai kelinci percobaan. Itulah alasan kenapa banyak review baik atau buruk yang dibentuk di pasar aplikasi google yang tentu saja dengan membagikan aplikasi ini secara gratis akan membantu para pengembang untuk mengetahui bugs atau pengaturan yang sudah sesuai. Jika kau butuh keamanan yang lebih, kau dapat  membeli aplikasi premium.

16) Freeze aplikasi bloatware
Hal ini hanya bisa dilakukan pada HP Vivo yang sudah di root. Salah satu aplikasi yang mempunyai fitur freeze yaitu link2SD, namun masih banyak aplikasi lain sejenisnya yang beredar di Play Store.

17) Amati Gerak-gerik Aplikasi
Pantau terus aplikasi chatting atau sosial media kau yang mendownload gambar/ video yang tidak kau butuhkan dari penyimpan. Hapus file-file yang tidak kau butuhkan tersebut untuk melegakan memori internal.

18) Reset HP Vivo Kamu
Jika lemotnya HP Vivo kau sudah tidak ketulungan, kau sanggup mengembalikan ke pengaturan pabrikan Vivo dengan cara melaksanakan reset. Namun jikalau HP kau hanya lupa kata sandi, maka tidak perlu direset cukup dengan 3 cara membuka kunci HP Vivo lupa sandi yang sudah diuji dan terbukti work 100% bisa membuka HP Vivo yang terkunci.

19) Flash HP Vivo Kamu
Jika Vivo sehabis di reset masih terjadi lemot juga, artinya ada duduk masalah pada firmware Vivo yang kau gunakan. Segera ganti firmware Vivo kau dengan upgrade atau downgrade menggunakan firmware orisinil Vivo melalui jalan flash baik menggunakan PC maupun flash tanpa PC. Admin sudah pernah buktikan ini pada perangkat selain Vivo dan terbukti smartphone admin menjadi wooosshhh (ngebut banget)....

20) Pakai "LEM BIRU"
Jika kau sudah menggunakan segala cara untuk mengatasi HP Vivo kau yang lemot tapi tidak kunjung sembuh juga, maka solusi terakhir yakni Vivo kau harus menggunakan LEM BIRU (Lempar, Beli Baru) maka semua duduk masalah akan teratasi hehehe....

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Sinyal HP Vivo Hilang Tiba-Tiba

Lihat juga postingan terkait HP Vivo lainnya di bawah! Demikianlah 20 cara mengatasi HP Vivo lemot (lag, hang, mati total, lelet, lambat) yang sanggup diterapkan pada Vivo Y53i Y83 Y69, Vivo Z1 X20 X21 UD Plus, Vivo X9 X7 X6 Plus dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Vivo Lovers.
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel