CARA MEMBUAT KUE BOLU SOM LAPIS ASAM JAWA KHAS BENGKULU

Resep Kue Bolu Som Lapis Asam Jawa Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak. Bolu ala Bengkulu ini menggunakan blueband sehingga memberikan wangi juga rasa yang luar biasa dan lapisannya pun pakai selai asam Jawa yang rasanya manis-manis asam, sehingga kue som atau bolu som ini rasanya sangat legit dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Bengkulu dengan tekstur yang lembut dan empuk serta mekar mengembang.

 Resep Kue Bolu Som Lapis Asam Jawa Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE BOLU SOM LAPIS ASAM JAWA KHAS BENGKULU
Gambar Kue Bolu Som Lapis Asam Jawa Khas Bengkulu

Kue som atau bolu som adalah kue bolu khas Bengkulu atau dikenal dengan bolu lapis asam Jawa. Kue ini tidak menggunakan mentega namun memakai minyak goreng pada proses pembuatannya, dilapisi dengan selasih dari asam jawa dan gula. Kue ini biasa di gunakan pada acara pernikahan adat Bengkulu yaitu saat akad nikah dan Bedendang.

Kue Bolu Som Lapis Asam Jawa Yassalam Susi dibuat dengan bahan yg dijamin berkualitas dengan menggunakan 10 butir telur ayam dan tanpa bahan pengawet. dengan ukuran 20cm x 20cm x 5cm. Cocok untuk hari Lebaran dan acara spesial.

Gula halus dan gula kastor memiliki tekstur halus yang begitu serupa. Apa perbedaannya?

Gula kastor atau caster sugar adalah gula pasir yang dihaluskan hingga mencapai ukuran butir yang sangat kecil, sekitar setengah ukuran gula pasir pada umumnya. Gula ini biasanya merupakan produk impor karena orang Indonesia lebih sering menggunakan gula pasir biasa. Sedangkan gula halus, atau icing sugar, merupakan gula yang dihaluskan hingga mencapai tekstur bubuk, dan diproduksi dengan dicampur tepung pati jagung atau tepung terigu. Adanya rasa tepung membuatnya tidak cocok dijadikan sebagai pemanis minuman, melainkan sebagai gula dekorasi atau pada pembuatan kue.

Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih som lapis asam Jawa sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kue dan cake oleh-oleh khas Bengkulu.

RESEP KUE BOLU SOM LAPIS ASAM JAWA


BAHAN :
  • 10 butir telur ayam
  • 200 gram tepung biskuit marie (biskuit marie dihaluskan, diayak dan kemudian barulah ditakar)
  • 100 gram tepung terigu, diayak
  • 450 gram butter
  • 1 sdm ovallete emulsifier
  • 1 sdt esen vanilla
  • 150 gram gula kastor atau gula halus
  • 300 gram susu kental manis
  • Selai asam Jawa secukupnya
CARA MEMBUAT KUE BOLU SOM LAPIS ASAM JAWA :
  1. Masukkan telur ayam, gula, esen vanilla dan ovallete ke dalam mangkuk, pukul adonan sampai mengembang. Ketepikan dahulu.
  2. Di dalam mangkuk yang lain, campurkan mentega bersama susu kental manis, pukul sehingga putih berkrim, ketepikan dahulu.
  3. Campurkan tepung biskut marie bersama tepung terigu atau tepung gandum. diaduk hingga merata dan masukkan ke dalam adonan telur tadi sedikit demi sedikit. Pukul lagi sehingga adonan merata.
  4. Setelah itu, masukkan pula adunan mentega dan susu yang telah dipukul tadi. Pukul lagi sehingga kembang dan merata.
  5. Setelah itu, letakkan sedikit adonan ke dalam loyang lebih kurang 7 sendok besar dan bakar di dalam oven menggunakan suhu 140 C selama 5-7 menit. Gunakan api atas dan bawah untuk lapisan pertama.
  6. Kemudian, keluarkan dan tekan menggunakan penekan besi, kemudian tusuk adonan menggunakan garpu supaya ia melekat dengan lapisan yang seterusnya. Letakkan adonan tepung selapis lagi dan susun berlapis. asam Jawa di atasnya. Bakar lagi di dalam oven.
  7. Bakar selapis demi selapis sampai adonan habis.
  8. Lalu untuk lapisan terakhir, panggang selama 10 menit.
  9. Sajikan.

Sumber https://carabuatresep.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel