Rpp 1 Lembar Sosiologi Kelas Xii Sma/Ma Revisi 2020

RPP sosiologi perihal Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat kelas xii sma/ma revisi 2020. RPP 1 lembar sosiologi kelas 12 banyak di cari oleh bapak dan ibu guru di sekolah, sehingga saya berusaha untuk menciptakan postingan ini.
RPP sosiologi perihal Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat kelas x RPP 1 Lembar Sosiologi Kelas XII SMA/Ma Revisi 2020
Pada postingan sebelumnya saya telah membagikan pola perangkat pembelajaran RPP mata pelajaran bahasa indonesia kelas 11 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 revisi 2020.

Pada kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan perangkat pembelajaran gratis untuk mata pelajaran Sosiologi kelas xii sma kurikulum 2013 perihal materi Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat.

Perangkat pembelajaran RPP merupakan hal penting bagi seorang guru mata pelajaran sosiologi kelas xii. Dengan mempunyai RPP 1 lembar maka guru sosiologi akan merasa lega ketika kepala sekolah atau pengawas sekolah akan melaksanakan supervisi sekolah.

Bagi bapak dan ibu guru yang sedang mencari perangkat pembelajaran Sosiologi kelas xii sma k13 model terbaru 1 lembar revisi 2020 perihal Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat maka artikel ini akan sangat bermanfaat buat anda yang membutuhkan alasannya ialah perangkat RPP yang saya akan share ini sanggup anda jadikan sebagai acuan dan pembanding dengan perangkat RPP yang lainnya.

RPP 1 lembar Sosiologi kelas xii Sekolah Menengan Atas reivis 2020 perihal Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat yang akan saya bagikan ini anda pelajari dan download gratis dengan impian sanggup bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya bagi guru-guru yang membutuhkannya.

Meskipun dari tahun ke tahun kiprah seorang guru harus menciptakan RPP namun ada kalanya hukum dalam penyusunan dan pembuatan RPP selalu ada perubahan alias revisi.

RPP yang akan saya bagikan kali ini sanggup di jadikan sebagai suatu acuan buat bapak dan ibu guru dalam menciptakan perangkat pembelajaran alasannya ialah semakin banyak acuan maka akan semakin banyak pula pola dan pedoman yang akan di jadikan sebagai dasar dalam penyusunan RPP sehingga sanggup menghasilkan RPP yang lebih baik.

Baik eksklusif saja berikut rpp sosiologi kelas xii dengan materi Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Sosiologi
Kelas/Semester                    : XII / Ganjil
Materi Pokok                       : Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat
Alokasi Waktu                     : 180 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, penerima didik dibutuhkan dapat:
·         Mengidentifikasi perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sekitar untuk menumbuhkan perilaku religiusitas dan tanggungjawab adat sosial dalam melaksanakan perubahan kearah yang lebih baik
·         Memahami konsep perubahan social
·         Memahami penyebab perubahan social
·         Memahami efek positif dan negatif perubahan sosial
·         Menjelaskan perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi dalam kehidupan masyarakat setempat dengan memakai contoh-contoh nyata yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat 
·         Mengidentifikasi hasil diskusi perihal perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi dalam kehidupan masyarakat
·         Menganalisis realitas dan data  tentang perubahan sosial dan dampaknya terhadap kesenjangan sosial terjadi  di masyarakat untuk menanamkan perilaku tanggug jawab sosial dalam mengatasi duduk masalah

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan              : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar      : Buku Sosiologi Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, mengusut kehadiran penerima didik sebagai perilaku disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi perihal apa yang sanggup diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Definis Perubahan Sosial.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode mencar ilmu yang akan ditempuh,
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan materi bacaan terkait materi Definis Perubahan Sosial.
Critical Thinking
Guru memperlihatkan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Definis Perubahan Sosial.
Collaboration
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar gosip mengenai Definis Perubahan Sosial.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan penerima didik menciptakan kesimpulan perihal hal-hal yang telah dipelajari terkait Definis Perubahan Sosial. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
Guru menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.

D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes verbal / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-        Penilaian Keterampilan berupa evaluasi unjuk kerja, evaluasi proyek, evaluasi produk dan evaluasi portofolio
­­­

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

Sumber https://landasanpendidikan2.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel