Rpp 1 Lembar Matematika Peminatan Kelas Xi Sma/Ma Revisi 2020
RPP Matematika Peminatan kelas 11 Persamaan Trigonometri. Download rpp 1 lembar matematika revisi 2020. Pada postingan sebelumnya admin sudah membagikan pola rpp 1 lembar bahasa indonesia kelas 10 revisi 2020, dan sekarang admin membagikan link download rpp matematika peminatan kelas 11 materi persamaan Trigonometri.
Jika pada jenjang SD dan Sekolah Menengah Pertama mata pelejaran matematika merupakan mata pelajaran umum yang wajib di pelajari di setiap tingkatan kelas maka berbeda halnya dengan di SMA/Ma untuk mata pelajaran matematika di Sekolah Menengan Atas di bagi menjadi 2 yaitu matematika wajib dan matematika peminatan untuk kelas 10, 11 dan kelas 12.
Pada postingan kali ini saya ingin membahas mengenai perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran matematika peminatan kelas 11 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 revisi 2019 khususnya perangkat RPP dan juga silabus untuk materi Persamaan Trigonometri.
Perangkat pembelajaran merupakan dokumen yang wajib di buat oleh seorang tenaga pendidik atau guru sebelum melaksanakan acara pembelajaran khususnya guru matematika peminatan kelas 11. Selain sebagai suatu rencana yang akan dilakukan sebelum mengajar perangkat pembelajaran juga perlu di siapkan dalam menghadapi acara supervisi sekolah.
Keberhasilan Guru matematika peminatan kelas 11 tak lepas dari lesson plan yang telah dibuat jauh sebelum acara berguru mengajar dimulai. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pembelajaran yang bersiklus akan lebih efektif dan efesien, alasannya yaitu guru sanggup menuangkan inspirasi kreatif yang sanggup diterapkan dalam model pembelajaran.
Isi edaran yang penulis maksud tujuannya yaitu mengajak para guru mengajar dengan RPP yang terdiri dari tiga komponen saja Yakni Tujuan, acara dan evaluasi pembelajaran. Sehingga berdasarkan bapak menteri sanggup dibuat satu lembar/halaman saja RPP guru.
Baik eksklusif saja berikut rpp 1 lembar matematika peminatan kelas 11 sma/ma revisi 2020 dengan materi Persamaan Trigonometri :
Demikianlah rpp 1 lembar matematika peminatan kelas 11 sma/ma revisi 2020 sesuai permendikbud no.14 tahun 2019 wacana materi Persamaan Trigonometri. Jangan lupa bantu share ya. Sumber https://landasanpendidikan2.blogspot.com/
Jika pada jenjang SD dan Sekolah Menengah Pertama mata pelejaran matematika merupakan mata pelajaran umum yang wajib di pelajari di setiap tingkatan kelas maka berbeda halnya dengan di SMA/Ma untuk mata pelajaran matematika di Sekolah Menengan Atas di bagi menjadi 2 yaitu matematika wajib dan matematika peminatan untuk kelas 10, 11 dan kelas 12.
Pada postingan kali ini saya ingin membahas mengenai perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran matematika peminatan kelas 11 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 revisi 2019 khususnya perangkat RPP dan juga silabus untuk materi Persamaan Trigonometri.
Perangkat pembelajaran merupakan dokumen yang wajib di buat oleh seorang tenaga pendidik atau guru sebelum melaksanakan acara pembelajaran khususnya guru matematika peminatan kelas 11. Selain sebagai suatu rencana yang akan dilakukan sebelum mengajar perangkat pembelajaran juga perlu di siapkan dalam menghadapi acara supervisi sekolah.
Keberhasilan Guru matematika peminatan kelas 11 tak lepas dari lesson plan yang telah dibuat jauh sebelum acara berguru mengajar dimulai. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pembelajaran yang bersiklus akan lebih efektif dan efesien, alasannya yaitu guru sanggup menuangkan inspirasi kreatif yang sanggup diterapkan dalam model pembelajaran.
Isi edaran yang penulis maksud tujuannya yaitu mengajak para guru mengajar dengan RPP yang terdiri dari tiga komponen saja Yakni Tujuan, acara dan evaluasi pembelajaran. Sehingga berdasarkan bapak menteri sanggup dibuat satu lembar/halaman saja RPP guru.
Baik eksklusif saja berikut rpp 1 lembar matematika peminatan kelas 11 sma/ma revisi 2020 dengan materi Persamaan Trigonometri :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi Pokok : Persamaan Trigonometri
Alokasi Waktu : 180 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, penerima didik dibutuhkan dapat:
· Memahami pengertian, jenis-jenis dan bentuk kurva fungsi trigonometri
· Menentukan nilai limit menuju nol, dengan memakai rumus dasar limit Trigonometri.
· Menentukan Himpunan Penyelesaian persamaan trigonometri sederhana pada interval tertentu.
· Menentukan penyelesaian limit bentuk tak tentu fungsi trigonometri dengan memakai rumus-rumus trigonomteri.
· Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri yang dapat dinyatakan dalam persamaan kuadrat.
· Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri memakai bentuk k cos (x – s) dengan interval tertentu.
· Menyelesaikan limit bentuk tak tentu fungsi trigonometri dengan memakai rumus-rumus trigonomteri.
· Menyelesaikan persamaan trigonometri yang dapat dinyatakan dalam persamaan kuadrat.
· Menyelesaikan persamaan trigonometri memakai bentuk k cos (x – s) dengan interval tertentu
B. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar : Buku Matematika (Peminatan) Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, menyidik kehadiran penerima didik sebagai perilaku disiplin | |
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. | |
Menyampaikan motivasi wacana apa yang sanggup diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Pengertian dan jenis-jenis trigonometri. | |
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode berguru yang akan ditempuh, | |
Kegiatan Inti ( 150 Menit ) | |
Kegiatan Literasi | Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan materi bacaan terkait materi Pengertian dan jenis-jenis trigonometri. |
Critical Thinking | Guru memperlihatkan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian dan jenis-jenis trigonometri. |
Collaboration | Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar gosip mengenai Pengertian dan jenis-jenis trigonometri. |
Communication | Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan lalu ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity | Guru dan penerima didik menciptakan kesimpulan wacana hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian dan jenis-jenis trigonometri. Peserta didik lalu diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |
Peserta didik menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan. | |
Guru menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan. |
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes ekspresi / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
- Penilaian Keterampilan berupa evaluasi unjuk kerja, evaluasi proyek, evaluasi produk dan evaluasi portofolio
……….............……..,... Juli 20...
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Demikianlah rpp 1 lembar matematika peminatan kelas 11 sma/ma revisi 2020 sesuai permendikbud no.14 tahun 2019 wacana materi Persamaan Trigonometri. Jangan lupa bantu share ya. Sumber https://landasanpendidikan2.blogspot.com/