Rpp 1 Lembar Kimia Kelas 10 Sma/Ma K13 Revisi 2020
RPP Kurikulum 2013 materi Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamat¬an dan keamanan kimia di laboratorium serta tugas Kimia dalam kehidupan. Selamat malam kembali lagi admin membagikan rpp 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2020 yakni rpp sesuai permendikbud no.14 tahun 2019 yaitu rpp kimia kelas 10 sma/ma revisi 2020.
Bapak/ibu guru silahkan baca juga postingan sebelumnya seputar rpp 1 lembar penjas kelas 12 dan rpp pendidikan agama islam kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020.
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim Membuat perubahan gres pada dunia pendidikan yang berjulukan Merdeka belajar. Salah satu perubahan tersebut yaitu RPP guru. Dimana model rpp yaitu rpp 1 lembar kimia kelas 10. RPP 1 Halaman / RPP 1 Lembar yaitu RPP Format Terbaru yang hingga ketika ini masih ramai diperbincangkan oleh guru, Kepala Sekolah, Pengawas bahkan hingga pakar pendidikan.
RPP 1 Halaman / 1 Lembar ini sudah sanggup disusun oleh guru mata pelajaran kimia kelas 10 di sma/ma semenjak dikeluarkannya Surat Edaran Menteri perihal penyusunan RPP Revisi 2020 didasarkan empat prinsip penyusunan RPP yaitu :
Dan dalam penyusunan RPP kimia kelas 10 k13 revisi 2020 menuliskan tujuan pembelajaran guru harus merujuk pada KI dan KD serta kebutuhan murid dalam belajar.
Nah, pada kesempatan kali ini admin akan memperlihatkan rpp 1 lembar untuk kimia kelas 10 revisi 2020 kurikulum 2013 dengan materi Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium serta tugas Kimia dalam kehidupan.
Berikut rpp kimia kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020 model 1 lembar :
Demikianlah teladan rpp 1 lembar kimia kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020 sesuai permendikbud no.14 tahun 2019. Jangan lupa bantu share ya. Sumber https://landasanpendidikan2.blogspot.com/
Bapak/ibu guru silahkan baca juga postingan sebelumnya seputar rpp 1 lembar penjas kelas 12 dan rpp pendidikan agama islam kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020.
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim Membuat perubahan gres pada dunia pendidikan yang berjulukan Merdeka belajar. Salah satu perubahan tersebut yaitu RPP guru. Dimana model rpp yaitu rpp 1 lembar kimia kelas 10. RPP 1 Halaman / RPP 1 Lembar yaitu RPP Format Terbaru yang hingga ketika ini masih ramai diperbincangkan oleh guru, Kepala Sekolah, Pengawas bahkan hingga pakar pendidikan.
RPP 1 Halaman / 1 Lembar ini sudah sanggup disusun oleh guru mata pelajaran kimia kelas 10 di sma/ma semenjak dikeluarkannya Surat Edaran Menteri perihal penyusunan RPP Revisi 2020 didasarkan empat prinsip penyusunan RPP yaitu :
- RPP 1 lembar kimia kelas 10 yang disusun oleh guru / pendidik harus memperhatikan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada penerima didik/ siswa.
- Dalam Peraturan Menteri Pendidikan No 22 Tahun 2016 mengenai standar Proses Penyusunan RPP terdiri dar 13 komponen yang untuk kini disederhanakan menjadi tiga poin pokok yaitu tujuan, aktivitas pembelajaran dan evaluasi adapun komponen lain menjadi tambahan atau pelengkap.
- Individu, Sekolah dan kelompok kerja guru ibarat KKG, MGMP atau yang lainnya diberi kebebasan untuk memilih, menciptakan dan menyusun RPP secara sanggup bangun diatas kaki sendiri sesuai dengan kondisi sekolah dan kondisi pendukung lain dengan tujuan keberhasilan murid lebih besar.
- Adapun RPP 1 lembar kimia kelas 10 yang telah dibuat atau disusun sebelumnya masih sanggup diguanakan atau disesuiakan dengan kondisi dan perkembangan zaman sebagaimana dimaksud dalam ketentuan 1,2 dan 3.
Dan dalam penyusunan RPP kimia kelas 10 k13 revisi 2020 menuliskan tujuan pembelajaran guru harus merujuk pada KI dan KD serta kebutuhan murid dalam belajar.
Nah, pada kesempatan kali ini admin akan memperlihatkan rpp 1 lembar untuk kimia kelas 10 revisi 2020 kurikulum 2013 dengan materi Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium serta tugas Kimia dalam kehidupan.
Berikut rpp kimia kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020 model 1 lembar :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium
serta tugas Kimia dalam kehidupan
Alokasi Waktu : 135 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, penerima didik diperlukan dapat:
· Mengidentifikasi banyak sekali produk yang mengandung materi kimia dalam kehidupan sehari-hari.
· Mengidentifikasi alat-alat laboratorium kimia dan fungsinya
· Mengidentifikasi beberapa materi kimia dan sifatnya (mudah meledak, gampang terbakar, beracun, penyebab iritasi, korosif, dan lain-lain).
· Memahami cara kerja ilmuwan kimia dalam melaksanakan penelitian dengan memakai metode ilmiah (membuat hipotesis, melaksanakan percobaan, dan menyimpulkan)
· Merancang percobaan ilmiah, contohnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
· Menjelaskan hakikat ilmu Kimia
· Memahami mekanisme standar perihal keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium.
· Memahami peran Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, ibarat biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan ibarat pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.
· Menyajikan hasil rancangan percobaan ilmiah, contohnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
· Menyajikan tugas Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, ibarat biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan ibarat pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.
B. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar : Buku Kimia Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016; Internet
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, menilik kehadiran penerima didik sebagai perilaku disiplin | |
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. | |
Menyampaikan motivasi perihal apa yang sanggup diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia. | |
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode berguru yang akan ditempuh, | |
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) | |
Kegiatan Literasi | Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan materi bacaan terkait materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia. |
Critical Thinking | Guru memperlihatkan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia. |
Collaboration | Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia. |
Communication | Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan lalu ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity | Guru dan penerima didik menciptakan kesimpulan perihal hal-hal yang telah dipelajari terkait Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia. Peserta didik lalu diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |
Peserta didik menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. | |
Guru menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. |
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
2. Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek
……….............……..,... Juli 20...
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Demikianlah teladan rpp 1 lembar kimia kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020 sesuai permendikbud no.14 tahun 2019. Jangan lupa bantu share ya. Sumber https://landasanpendidikan2.blogspot.com/