20 Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot (Lag, Hang, Mati Total)

Apakah HP Samsung kalian lemot? Pasti hal itu sangat menjengkelkan bukan, apalagi ketika kita sedang benar-benar membutuhkan perangkat tersebut dengan kepentingan yang mendesak. Tentu saja kita membutuhkan device yang punya peforma tangguh dalam segala hal. Sehingga sangat penting bagi kita mengetahui cara semoga HP Samsung tidak lemot (lag, hang, mati total) dan sebagainya. Sebelum kesana, kita bahas dulu penyebab Samsung lemot (lag, hang, mati total) alasannya ialah kata pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati" Sehingga bila kita mengetahui penyebabnya kita bisa meminimalisir kerusakan Samsung yang kita gunakan.

Penyebab HP Samsung Lemot (Lag, Hang)

Nah, berikut ini ialah beberapa penyebab yang menimbulkan HP Samsung menjadi lemot:

1) Perhatikan spesifikasi Samsung, menyerupai kapasitas internal memori dan Random Acces Memory (RAM), apakah mempunyai kapasitas yang cukup besar untuk mendukung aplikasi canggih yang anda pasang. Untuk mengetahuinya silahkan baca cara cek sisa free RAM Samsung, disana akan ditampilkan keterangan RAM dan Internal memori HP Samsung yang anda pakai.

2) Versi OS yang jadul, bila anda pengguna yang gres membeli atau menggunakan Android maka anda harus mengetahu versi sistem operasi yang dipakai pada device itu. Mungkin anda telah mendengar wacana Android 5, Android 6, dan seterusnya. Cara memeriksanya ialah buka sajian Setting > About Phone > Android version.

3) Class Memori External (Micro SD), lupakan dengan jumlah kapasitas eksternal memori yang anda pakai alasannya ialah admin yakin jumlah kapasitas yang anda gunakan bisa 16Gb, 32Gb atau 64Gb. Namun point yang paling penting bukan terletak dikapasitas memorinya melainkan dari Class memori itu sendiri.

Memori External (Micro SD) terbaik ialah Micro SD yang mempunyai Class 10 dan akan sangat cocok bagi anda yang menggunakan OS Android untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan menggunakan Micro SD yang mempunyai class 10 anda tidak perlu khawatir bila mengembalikan file yang terhapus alasannya ialah biasanya class ini lebih kuat.

Cara mengetahui class suatu memori adalah, matikan perangkat anda kemudian buka HP Samsung anda kemudian buka dan lihat Micro SD tersebut biasanya akan ada angka 4, 6 dan 10 yang terlihat menggunakan aksara kecil.

4) Terlalu banyak aplikasi, yang bisa mengakibatkan Android anda blank, crashing, force close dan bahkan mengakibatkan HP Samsung anda menjadi lemot. Biasakan untuk selalu download aplikasi dari Google Play Store atau Amazon Apps alasannya ialah server mereka akan melaksanakan scanning otomatis terhadap jenis versi aplikasi yang cocok untuk perangkat Samsung anda.

Selain itu dengan membiasakan mengunduh dari sana akan menciptakan HP Samsung anda menjadi lebih kondusif dari nanah malware alasannya ialah mereka selalu mengusut otomatis setiap aplikasi yang dicurigai mempunyai virus akan dihapus dari pasar mereka.

Apa Manfaat Menerapkan Cara Ini?

Jika anda benar-benar serius untuk menerapkan cara yang akan Bedahp.com share berikut ini, maka ada beberapa manfaat yang bisa anda peroleh yakni:

a) HP Samsung Makin Kenceng
Sudah niscaya ketika anda berhasil mengikuti step by step dengan baik maka kapasitas RAM smaryphone Samsung anda akan bertambah yang menciptakan peforma semakin kenceng.

b) Samsung Kaprikornus Hemat Baterai
Seperti diketahui, aplikasi yang berjalan di latar belakang memang cukup banyak mengkonsumsi daya baterai sehingga wajib anda hentikan dan membukanya ketika diperlukan saja.

c) Irit Kuota Data Internet
Tidak bisa dipungkiri, secara umum dikuasai aplikasi yang berjalan di latar belakang selalu mengambil kuota internet ketika anda menghidupkan paket data seluler maupun Wifi. Jika aplikasi ini terus dibiarkan maka kantong dompet anda akan cepat terkuras alasannya ialah sering beli paket internet.

d) HP Samsung Terhindar dari "Overheat"
Makin banyak aplikasi yang dibuka maka smartphone anda akan kerja ekstra keras sehingga cenderung cepat panas. Hal itu menciptakan baterai menjadi cepat kembung. Namun dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, anda sudah berkontribusi memperpanjang umur baterai dan menjaga suhu smartphone Samsung tetap stabil.

Jika beberapa manfaat di atas anda rasa penting dan ingin memdapatkannya, anda bisa eksklusif mengikuti tahap demi tahap tutorial yang akan saya bagikan di bawah ini!

Inilah 20 Cara Mengatasi Samsung Lemot (Lag, Hang)

Setelah anda mengetahui manfaat di atas, maka akan sangat bijaksana bila anda eksklusif menerapkannya dengan mengikuti semua langkah-langkah di bawah secara tepat.

1) Buka Menu "Tentang Ponsel"
Silahkan anda pergi ke sajian Pengaturan => Tentang Ponsel, menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah! Anda abaikan sajian yang lainnya, cukup fokus saja pada Nomor Versi kemudian tekan sebanyak 7 kali hingga mode pengembang aktif.


CATATAN: Jika ketika membuka sajian Tentang Ponsel tidak eksklusif ketemu Nomor versi atau Version Number, anda ubek-ubek disekitar sajian Tentang Ponsel tersebut mungkin beliau berada di sajian Tentang Ponsel => Status atau lainnya. Intinya anda cari disana hingga ketemu.

2) Cari sajian "Pilihan Pengembang"
Setelah Nomor Versi di klik sebanyak 7 kali maka mode pengembang sudah diaktifkan, selanjutnya silahkan anda temukan sajian tersebut di sekitar sajian Pengaturan => Pilihan Pengembang, menyerupai gambar di bawah!


CATATAN: Jika pilihan Pengembang tidak ditemukan, anda cari Opsi Pengembang atau Developer Option. Pokoknya anda udek-udek sajian Pengaturan hingga ketemu sajian tersebut alasannya ialah setiap smartphone Samsung letaknya berbeda.

3) Buka sajian "Pilihan Pengembang"
Setelah sajian "Pilihan Pengembang" ketemu, anda eksklusif klik saja sajian tersebut maka akan ada banyak sajian lain namun anda abaikan saja, anda scrol saja terus ke bawah hingga ketemu sajian "Batas proses latar belakang" sempurna menyerupai pola gambar di bawah!


4) Buka "Batas proses latar belakang"
Silahkan anda buka sajian "Batas proses latar belakang" tersebut kemudian setting menjadi "Tanpa proses latar belakang" menyerupai yang tertera di gambar di bawah!


CATATAN: Ketika anda sudah menentukan "Tanpa Proses Latar Belakang" maka tidak akan ada aplikasi yang berjalan dibelakang background tanpa seizin dari anda sehingga akan meningkatkan peforma Samsung kesayangan anda.

5) Selesai! close Opsi Pengembang
Setelah cara 1 hingga 4 diterapkan, kini anda sudah berhasil menghemat kapasitas RAM di HP Samsung yang sudah saya buktikan 100% di Samsung Galaxy V yang menggunakan Android 4.4.4 (Kitkat). Untuk melihat kesudahannya anda pergi ke sajian Pengaturan => Manajer Aplikasi menyerupai pada gambar di bawah!


CATATAN: Tidak semua HP Samsung nama menunya Manajer Aplikasi, bisa saja namanya Aplikasi Terinstal atau lainnya. Intinya anda ubek-ubek saja dimenu Pengaturan hingga ketemu sajian yang mempunyai kemiripan dengan Manajer Aplikasi.

6) Buka sajian "Manajer Aplikasi"
Silahkan anda buka sajian "Aplikasi Terinstall"  di atas, kemudian geser ke samping hingga pada sajian "Berjalan" menyerupai gambar di bawah!


Bagaimana 100% berhasil bukan? Hanya aplikasi yang penting2 saja yang berjalan sehingga kapasitas RAM menjadi longgar. Sekarang tidak ada aplikasi yang berjalan dibelakang layar tanpa seizin dari anda yang membukanya. Sisa RAM pun bertambah yang menciptakan smartphone Samsung anda tambah kenceng abis, ekonomis baterai, ekonomis kuota dan masih banyak lagi.

7) Atur Sinkronisasi HP Samsung
Atur Sinkronisasi HP Samsung, dengan tujuan semoga tidak mengambil banyak koneksi paket data internet yang diminta untuk ditampilkan dan di download secar otomatis. Karena bila dibiarkan secara default selain membebani RAM juga menguras kuota data internet.

8) Hapus Widget Home Screen
Hindari terlalu banyak menampilkan widget di layar utama HP Samsung anda meskipun menggunakan banyak widget akan terlihat keren namun sesungguhnya memberatkan perangkat, pastikan anda hanya menggunakan widget untuk aplikasi yang benar-benar memliki fungsi yang anda butuhkan saja.

9) Gunakan Satu Antivirus Saja
Karena aplikasi menyerupai ini biasanya sering bekerja pada background dan memantau sistem terdalam dari HP Samsung anda. Jika anda menggunakan lebih dari satu Antivirus maka permintaaan RAM pun akan menjadi lebih besar.

10) Gunakan Aplikasi yang dibutuhkan
Semakin banyak aplikasi yang di install, maka akan semakin banyak pula seruan RAM yang harus diambil. Anda harus meminimalisir penggunaan aplikasi yang berlebihan dan menghapusnya bila tidak dibutuhkan.

11) Hindari Memakai Live Wallpaer
Akan terlihat lebih keren dan segar ketika anda menggunakan live wallpaper namun hal ini justru akan menciptakan baterai HP Samsung anda cepat habis dan mengakibatkan lemot.

12) Matikan HP Saat Mengisi Daya
Biasakan ketika mengisi baterai HP Samsung anda harus dalam keadaan Mati. Selain akan menciptakan baterai anda menjadi lebih kekal hal ini juga akan menciptakan kalibrasi atau sensitifitas dari touch screen Anda tetap terjaga dan menghindari error.

13) Gunakan Clean Master
Gunakan Clean Master kemudian bersihkan secara teratur junk files, cookies dan cache. Setiap kali anda mengakses internet semua data website akan disimpan di cache browser yang anda gunakan. Selain itu aplikasi ini juga sanggup mengambil residual file atau folder kosong yang dibentuk otomatis oleh aneka macam aplikasi sehingga mengakibatkan internal memori anda akan menjadi penuh dengan file dan data yang tidak berguna.

14) Aktifkan Auto Kill
Aktifkan Auto Kill pada Clean Master. Tujuan auto kill ialah untuk mematikan secara paksa aplikasi lain yang dianggap mengambil RAM yang berlebihan. Tenang saja, fitur ini kondusif dan akan bekerja pada background secara otomatis.

15) Gunakan aplikasi berbayar
Ketika anda menggunakan aplikasi versi gratis sebetulnya anda sedang dijadikan sebagai kelinci percobaan. Itulah alasan kenapa banyak review baik atau buruk yang dibentuk di pasar aplikasi google yang tentu saja dengan membagikan aplikasi ini secara gratis akan membantu para pengembang untuk mengetahui bugs atau pengaturan yang sudah sesuai. Jika anda butuh keamanan yang lebih, anda bisa membeli aplikasi premium.

16) Freeze aplikasi bloatware
Hal ini hanya bisa dilakukan pada HP Samsung yang sudah di root. Salah satu aplikasi yang mempunyai fitur freeze ialah link2SD, namun masih banyak aplikasi lain sejenisnya yang beredar di Play Store.

17) Amati Gerak-gerik Aplikasi
Pantau terus aplikasi chatting atau sosial media anda yang mendownload gambar/ video yang tidak anda butuhkan dari penyimpan. Hapus file-file yang tidak anda butuhkan tersebut untuk melegakan memori internal.

18) Reset HP Samsung Anda
Jika lemotnya sudah tidak ketulungan, anda bisa mengembalikan ke pengaturan pabrikan Samsung dengan 3 Cara Reset Ulang Samsung yang sudah saya uji dan terbukti work 100% bisa mengatasi Samsung yang lemot, lag atau suka hang.

19) Flash HP Samsung Anda
Jika sesudah di reset masih terjadi lemot juga, artinya ada duduk masalah pada firmware yang anda gunakan. Ganti firmware tersebut dengan upgrade atau downgrade menggunakan firmware orisinil Samsung melalui jalan flash baik menggunakan PC maupun flash tanpa PC. Saya sudah pernah buktikan ini pada perangkat selain Samsung dan terbukti smartphone saya menjadi wooosshhh (ngebut banget)....

20) Pakai "LEM BIRU"
Jika anda sudah menggunakan segala cara untuk mengatasi HP Samsung anda yang lemot tapi tidak kunjung sembuh juga, maka solusi terakhir ialah menggunakan LEM BIRU (Lempar, Beli Baru) maka semua duduk masalah akan teratasi hehehe....

Baca Juga: 5 Cara Cek Kode IMEI HP Samsung Asli 100% Akurat

Demikianlah 20 cara mengatasi HP Samsung lemot (lag, hang, mati total) dan lain sebagainya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya buat Samsung Lovers. LIHAT! JUGA postingan lain terkait HP Samsung di bawah!
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel