10 Cara Mengatasi Sinyal Hp Oppo Hilang Tiba-Tiba

Jika mas bro yaitu pengguna Oppo, sudahkah mas bro memperkuat sinyal di HP Oppo mas bro? Mengingat beberapa user yang menggunakan device ini sering bertanya mengenai bagaimana cara mengatasi sinyal HP Oppo yang hilang tiba-tiba. Menanggapi hal itu, perusahaan asal China tersebut menanggapinya dengan mengeluarkan smartphone anyar seri terbaru dengan disematkan garis antena pada casing sehingga sinyal sanggup ditangkap lebih kuat. Namun, fitur ini hanya tersedia pada smartphone generasi 2018 ke atas, dan banyak yang kecewa pemilik Oppo di bawah tahun tersebut.

 sudahkah mas bro memperkuat sinyal di HP Oppo mas bro 10 Cara Mengatasi Sinyal HP Oppo Hilang Tiba-Tiba

Kebanyakan dari pengguna Oppo malas melaksanakan update terhadap perangkat usang mereka ke perangkat yang gres dikarenakan sudah terlalu banyak data yang menciptakan mereka enggan bermigrasi jawaban takut kehilangan data penting menyerupai kontak HP, data whats apps, dan lain sebagainya.

Selain alasan di atas, ada juga yang tidak ingin melalukan update lantaran terkendala ekonomi, mengingat setiap tahun Oppo selalu mengeluarkan perangkat gres mereka yang mempunyai harga yang tidak begitu dekat di kantong. Karena alasan tersebutlah, Bedahp.com menciptakan sebuah artikel sebagai bentuk kepedulian kepada fans Oppo semoga sanggup mengetahui penyebab hilangnya sinyal HP Oppo kesayangan kalian.

Penyebab Sinyal Oppo Hilang Tiba-Tiba

Terdapat beberapa faktor penyebab sinyal Oppo hilang secara tiba-tiba/ mendadak, supaya lebih gampang memahaminya admin akan uraikan beberapa faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

a) Jangkauan Sinyal Daerah itu Tidak Ada
Coba mas bro cek dengan baik, apakah disekitar area tempat mas bro bangun ada tower sinyal. Jika di kawasan tersebut sama sekali tidak ada tower sinyal maka sanggup dipastikan bahwa wilayah itu memang minim sinyal sehingga masuk akal kalau sinyal Oppo tiba-tiba hilang.

b) Oppo Mas bro Sedang Error
Apakah Oppo kesayangan mas bro pernah terjatuh? Jika memang pernah maka sanggup jadi ponsel mas bro mengalami error sehingga daya tangkap sinyal menjadi berkurang secara drastis. Hal itu disebabkan lantaran kuningan penangkap sinyal bergesar jawaban benturan keras ketika terjatuh dari ketinggian.

c) Terjadi Perubahan Pada Menu Pengaturan
Jika mas bro mengatur Oppo ketika berada di wilayah perkotaan ke mode sinyal 3G Only atau 4G LTE Only demi mempercepat koneksi internet, maka device mas bro hanya akan menangkap sinyal 3G atau 4G saja sehingga sulit untuk mendeteksi jaringan biasa. Untuk mengubahnya ke semula silahkan pergi ke sajian Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis).

Jika diwilayah tempat tinggal mas bro sinyal 4G stabil, mas bro sanggup menguncinya semoga irit paket internet dan menciptakan kecepatan internet semakin kencang. Untuk mengelock jaringan 4G Oppo silahkan lihat disini: 5 Cara Kunci (Lock) Sinyal 4G Oppo.

d) Jangkauan Sinyal Putus-Putus
Sinyal Oppo hilang timbul sanggup jadi lantaran jaringan tidak konsisten alias lagi naik-turun. Hal ini disebabkan oleh layanan operator jaringan yang mas bro gunakan sedang gangguan atau ada duduk kasus lain pada aktivitas mereka sehingga berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata di wilayah tersebut.

e) Pengaruh Cuaca Ekstream
Cuaca ekstream juga menghipnotis berpengaruh atau lemahnya sinyal Oppo mas bro. Jika cuaca sedang hujan lebat disertai tornado dan petir maka sangat menghipnotis penangkapan sinyal pada Oppo. Sebaiknya ketika cuaca tidak mendukung hindari menggunakan HP Oppo (matikan HP) demi keamanan mas bro.

f) Kemungkinan Hardware Rusak
Jika Oppo yang mas bro miliki pernah masuk ke dalam air, sanggup jadi alat penangkap sinyal di Oppo mas bro rusak lantaran alat itu tidak kedap air maka ada komponen yang berkarat. Kerusakan pada hardware inilah yang menciptakan sinyal Oppo hilang alias tidak ada sinyal.

Khusus untuk melaksanakan pengecekan terhadap kerusakan hardware layar LCD pada HP Oppo, mas bro sanggup mengikuti tutorialnya disini: 5 Cara Cek Layar LCD Oppo (Normal/ Rusak).

g) Kemungkinan Masalah Software
Mungkin Oppo mas bro pernah update software? Jika iya, beberapa software yang kita update mungkin terdapat bugs yang menghipnotis kualitas jaringan. Jika sebelum update software Oppo sinyal berada dalam keadaan baik-baik saja namun sesudah update justru bermasalah maka sebaiknya lakukan downgrade lagi. Pastikan Oppo mas bro lancar, ketahuilah cara mengatasi Oppo lemot untuk menciptakan peforma HP mas bro tambah kencang.

h) Adanya Aplikasi Oppo Bermasalah
Sinyal HP Oppo sanggup dipengaruhi oleh aplikasi pihak ketiga yang sudah mas bro install. Aplikasi tersebut mungkin membatasi kekuatan sinyal lantaran beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga tidak sesuai dengan perangkat yang mas bro gunakan.

i) Terjadi Perbaikan Sinyal Oleh Operator
Operator kemungkinan sedang membenahi sistem atau tower mereka lantaran ada suatu duduk kasus atau penambahan fitur baru. Untuk memperbaiki atau menambahkan fitur gres tersebut maka demi keamanan, listrik akan dimatikan sementara waktu pada sistem atau tower yang sedang dibenahi.

Penyebab sinyal Oppo lemah atau hilang tiba-tiba di atas hanya beberapa saja, sebetulnya masih masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal Oppo yang hilang tersebut? Baca solusinya di bawah ini sebagai suplemen tumpuan bagi mas bro.

Inilah 10 Cara Mengatasi Sinyal Oppo Hilang Tiba-Tiba

Saya merangkum dari beberapa kasus mengenai hilangnya sinyal sebuah device pada OS Oppo terutama yang berada di kawasan perkotaan dan pedesaan.

1) Pakai Mode Pesawat
Cara supaya sinyal Oppo berpengaruh lagi yakni dengan mengaktifkan mode penerbangan. Jika Mode ini hidup maka semua sinyal akan hilang, kemuadian non-aktifkan lagi mode penerbangan untuk menciptakan sinyal kembali terdeteksi dengan sempurna.

2) Matikan Sementara Oppo Mas bro
Cara kedua yaitu dengan merefresh sinyal jaringan dengan cara metaikan HP Oppo yang mas bro miliki untuk sementara waktu. Pastikan ponsel tersebut benar-benar mati kalau memungkinkan, silahkan mas bro cabut baterai kemudian pasang dan hidupkan kembali HP Oppo mas bro.

3) Ganti Mode Jaringan di Oppo
Untuk mengubah mode jaringan di Oppo demi mendapat sinyal 2G, EDGE, 3G, HSDPA, dan 4G LTE secara otomatis maka silahkan mas bro pergi ke sajian Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis”, cara ini sangat efektif untuk mengatasi sinyal Oppo yang lemah dan hilang secara tiba-tiba.

4) Cari Area Terjangkau Sinyal
Berdasarkan pengalaman admin Bedahp.com yang tinggal di lokasi Provinsi Lampung, ketika saya masuk ke dalam kamar kartu SIM yang saya gunakan sinyalnya hilang total. Waktu itu saya pikir Oppo saya yang rusak lantaran tidak biasanya terjadi duduk kasus menyerupai ini sebelumnya.

Saya kemudian merenung dan terlintas dalam pikiran bagaimana solusi cara mengatasi sinyal HP Oppo hilang tiba-tiba bahkan terkadang hilang total ini? Akhirnya, sesudah saya keluar dari kamar saya ternyata sinyal full lagi. Mungkin kamar saya tidak sanggup dijangkau oleh sinyal kartu SIM yang saya pakai itu sehingga ketika keluar ruangan gres terdeteksi kembali sinyalnya.

5) Cek Keadaan Kartu SIM
Hilangnya sinyal pada Oppo kemungkinan ketika mas bro memasang kartu SIM yang belum tepat terkena lempengan kuningan, atau sinyal Oppo hilang sesudah jatuh sehingga letak kartu SIM bergeser. Solusi untuk mengatasi sinyal Oppo yang hilang menyerupai ini yakni dengan mencabut kartu SIM kemudian memasangnya kembali.

6) Mengganti Kartu SIM Oppo
Coba mas bro ganti kartu SIM Oppo mas bro ke lain operator untuk sementara waktu dengan kartu SIM yang lain untuk memastikan apakah kerusakan itu disebabkan oleh kartu SIM itu atau tidak. Jika sudah mas bro ganti kartu SIM-nya namun alhasil tetap saja sama maka silahkan ikuti langkah selanjutnya di bawah.

7) Reset HP Oppo Mas bro
Jika Oppo mas bro mengalami duduk kasus sinyal hilang lantaran terkena virus atau jawaban penggunaan aplikasi pihak ketiga yang berlebihan, sebaiknya lakukan reset ulang pada Oppo mas bro melalui sajian Setting > Pabrikan > Reset. Setelah mas bro melaksanakan reset ulang, maka Oppo mas bro akan kembali menyerupai gres lagi. Reset juga bermanfaat sebagai  salah satu cara menciptakan Oppo tidak lemot alias menjadi lebih ngebut. Namun mas bro harus ingat bahwa sebelum melaksanakan reset, backup dulu semua data penting yang ada di memori telepon Oppo mas bro lantaran ketika reset semuanya akan hilang.

8) Flash HP Oppo Mas bro
Apabila sinyal hilang lantaran firmware mas bro yang bermasalah jawaban update OS terbaru, maka mas bro harus melaksanakan flash ulang. Cara flash Oppo yakni dengan melaksanakan unduh terlebih dulu firmware yang sesuai dengan tipe Oppo tersebut yang telah disediakan oleh vendor aslinya. Firmware sanggup mas bro dapatkan di website resmi pembuat Oppo itu.

9) Ganti Hardware Oppo Mas bro
Jika Oppo mas bro pernah jatuh kemudian kemudian sudah mas bro reset dan flash tetapi masih saja tidak ada sinyal, itu berarti hardware pada Oppo mas bro mengalami kerusakan. Solusinya yaitu dengan membawa Oppo mas bro ke teknisi device terdekat yang mas bro kenal sehingga mas bro mendapat harga murah ketika mengganti hardware Oppo yang rusak itu.

10) Pakai Antena Penguat Sinyal
Solusi paling terakhir yakni menggunakan antena penguat sinyal Oppo yakni sebuah antena eskternal yang diletakkan di atap rumah kemudian dihubungkan dengan kabel yang panjangnya menyesuikan. Kemudian sambungkan ke HP Oppo mas bro menggunakan pigtail. Saya sendiri juga menggunakan cara ini lantaran saya tinggal di Kampung (Desa Mulyasari kawasan Way kanan, Lampung) sehingga sulit sekali terjangkau sinyal. Mas bro sanggup membeli antena tersebut di toko-toko online sangat banyak yang menjual, menyerupai Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya.

Baca Juga: 10+ Cara Mengatasi Baterai Oppo Cepat Panas dan Boros

Lihat artikel Oppo lainnya di bawah untuk menambah tumpuan mas bro! Demikianlah cara mengatasi sinyal Oppo hilang total/ tiba-tiba lemah di atas sanggup memperkuat sinyal Oppo mas bro.
Sumber https://bedakansmartphone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel