Cara Menciptakan Tape Ketan

Salah satu jenis sajian yang sangat khas dan mempunyai rasa bagus yang super yummy dan nikmat ialah tape ketan. Sajian ini biasanya ada pada beberapa program tradisional dan tidak di jual belikan secara umum alasannya ketika ini sudah jarang sekali ada pedagang yang menjajakan tape ketan, hal tersebut di karenakan tape ketan tidak sanggup tahan usang dan cara menciptakan tape ketan juga tidak mudah.

Jika hanya membuatnya saja mungkin memang benar terlihat gampang dan sederhana namun ketetapan rasa yang menciptakan tape ini berkualitas atau tidak, tidak banyak orang yang mencoba menciptakan tape dengan rasa yang bagus dan juga lembut. Karena cara pembuatan tape ketan memakai ragi maka dosis antara ragi dengan tape harus pas dan sesuai, Selain itu hal yang harus di perhatikan yaitu dosis air kemudian butuh ketelitian dan tidak sanggup sembarangan dalam menciptakan tape ketan. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, maka berikut gosip untuk dosis bahan.

Bahan Utama   :

  • Beras ketan hitam 1 kg
  • Daun pisang
  • Air higienis 4 gelas
  • Ragi 4 butir
  • Gula pasir 4 sendok makan

Cara Membuat  :


  1. Cuci beras ketan hitam sampai benar benar bersih.
  2. Rendam beras ketan hitam dengan memakai air higienis dalam waktu semalam.
  3. Setelah di rendam selama sehari, ketan di tiriskan kemudian di kukus sampai menjadi setengah matang.
  4. Tuangkan 2 air panas ke dalam kukusan ketan dan di aduk sampai merata kemudian tunggu sampai kukusan menjadi matang.
  5. Apabila ketan sudah matang maka tiriskan dan letakkan ke dalam nampan besar kemudian di ratakan kemudian biarkan masbodoh dan haluskan raginya.
  6. Siapkan wadah yang berukuran besar kemudian gunakan daun pisang sebagai alasnya, tata daun sampai rapi dan sampai menutupi semua permukaan wadah.
  7. Masukkan ketan hitam sebagai lapisan pertama kemudian ratakan kemudian tambahkan dengan gula halus atau kastor di bab atasnya.
  8. Masukkan kembali ketan hitam sebagai lapisan kedua kemudian tambahkan lagi dengan gula halus dan langkah ini di teruskan sampai lapisan ketan yang ketiga atau keempat.
  9. Tutup permukaan ketan paling atas dengan memakai daun pisang dan tutup wadah sampai rapat kemudian letakkan pada kawasan yang hangat kemudian diamkan ketan dalam waktu 3 hari 2 malam.
  10. Jika waktu sudah final maka tape ketan hitam sanggup pribadi di buka dan tape sudah sanggup di hidangkan atau sanggup pribadi di santap.

Sumber http://indonesianfoods313.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel