Lk-8 Laporan Pkp Sd 2019 (Format Catatan Refleksi Aktivitas Pembelajaran)

lk-8 Adalah salah kiprah guru berupa catatan acara refleksi praktik pembelajaran pada tagihan IN 4 yang harus dibentuk oleh penerima diklat PKP berbasis Zonasi 2019.

Format Catatan refleksi ini nantinya akan diminta oleh GI, yang lalu dilaporkan dengan diunggah ke lms sim PKP.

 Adalah salah kiprah guru berupa catatan acara refleksi praktik pembelajaran pada tagiha Lk-8 Laporan PKP SD 2019 (Format Catatan Refleksi Kegiatan Pembelajaran)

Bagi bapak/ibu guru yang sedang mencari refferensi berikut kami berikan teladan lk-8 format catatan refleksi SD kelas 4.

Juga Untuk Taman Kanak-kanak / PAUD juga mapel IPA, IPS, PJOK dan Matematika jenjang Sekolah Menengah Pertama akan segera kami berikan.

lk-8 laporan Format Catatan Refleksi PKP SD

Tujuan
1. Peserta melaksanakan refleksi untuk mengetahui tingkat kelebihan dan kekurang salama melaksanakan OJL
2. Reviu RPP Unit ke 2
3. Penyusunan Laporan Best Practice
Petunjuk:
1. Melakukan refleksi untuk mengetahui tingkat kelebihan dan kekurang salama melaksanakan OJL dengan langkah sebagai berikut:
a. Peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang dalam satu kelompok.
b. Secara berdikari penerima melaksanakan refleksi dengan menggunakan  LK-8,
c. Peserta melaksanakan Curah Pendapat dan menciptakan kesimpulan di kelompok masing-masing terkait LK-8 ,
d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil dari kesimpulan ke depan kelas.
2. Reviu RPP Unit ke 2 dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Peserta dan Guru Inti berdiskusi perihal teknik melaksanakan Reviu RPP berorientasi HOTS
b. Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 4 orang dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain menurut pembagian dari Guru Inti untuk melaksanakan Reviu RPP dengan memakai LK-6.
c. Peserta memperlihatkan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti terkait RPP yang di-Reviu
d. Peserta melaksanakan perbaikan RPP menurut hasil Reviu LK-6
3. Penyusunan Laporan Best Practice
a. Peserta dan Guru Inti berdiskusi perihal teknik melaksanakan Reviu RPP berorientasi HOTS
b. Peserta secara berdikari melaksanakan identifikasi terhadapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama In dan On untuk dijadikan dasar dalam penyusunan laporan Best Practice
c. Peserta menyusun laporan Best Practice sesuai dengan rambu-rambu pelaporan


 LK-8 FORMAT CATATAN REFLEKSI

1. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?

2. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam proses pembelajaran di kelas?

3. Apa hambatan yang ditemui selama menerapkan pembelajaran beriorientasi HOTS?

JAWABAN :
1. penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam RPP yang telah telah disusun:
Penggunaan aspek HOTS sudah ada dalam sintaks pembelajaran.
Dalam acara pendahuluan dimulai dengan apersepsi, motivasi dan memberikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Pada acara inti ada memakai model saintifik, metode pembelajaran problem based learning, memakai pembelajaran yang sesuai dengan indikator. Lembar kerja penerima didik dikembangkan dengan mengarah pada transfer knowledge, critical and creative thinking dan problem solving. Sumber berguru tidak hanya dari buku tetapi dari website dan video pembelajaran perihal sumber energi alternatif.
2. penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam proses pembelajaran di kelas :
Kegiatan pendahuluan diawali dengan berdoa, absensi, menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya, memotivasi dan menkondisikan penerima didik, appersepsi dan memberikan tujuan pembelajaran yang kana dicapai. Pada acara inti diawali dengan memperlihatkan pertanyaan sebagai stimulus yang menciptakan siswa berfikir tingkat tinggi. Setelah itu siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, diberikan permasalahan untuk didiskusikan bersama kelompoknya dengan dibimbing oleh guru. Setelah itu siswa menuliskan hasil diskusi dan mempresentasikannya. Pada acara selanjutnya siswa diajak untuk praktek menciptakan kincir, lalu diamati perubahan energinya. Setelah itu siswa diajak melihat video perihal sumber energi alternatif lalu siswa mendiskusikan bersama kelompoknya mengenai energi alternatif. Pada acara selesai pembelajaran guru memperlihatkan refleksi.
3. Kendala yang ditemui selama menerapkan pembelajaran beriorientasi HOTS yaitu :
Waktu pelaksanaan yang terbatas alasannya yaitu materi yang dipraktekkan tidak sesuai dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung di kelas.
Siswa kurang aktif dalam berdiskusi bersama kelompoknya.
Membutuhkan waktu usang dalam prakteknya.
Materi yang dipraktekkan tidak sesuai dengan kelas yang diampu oleh guru alasannya yaitu materi yang dipakai untuk praktek merupakan materi pada kelas 4 sedangkan guru mengajar kelas VI.

R-8 Rubrik  Catatan Refleksi
Rubrik ini dipakai fasilitator untuk menilai hasil refleksi dari peserta.
A. Langkah-langkah evaluasi hasil kajian:
1. Cermati kiprah yang diberikan kepada penerima pembekalan pada LK-8!
2. Berikan nilai pada hasil kajian menurut evaluasi anda terhadap hasil kerja penerima sesuai rubrik berikut!
B. Kegiatan Praktik
1. Penggunaan Aspek HOTS, 5M, dimensi pengetahuan  dan  kecakapan era 21, sesuai RPP yang disusun.
2. Penggunaan Aspek HOTS dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik.
3. Penggunaan 5M dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik.
4. Penggunaan dimensi pengetahuan dalam proses pembelajaran dilaksanakan secara runut dan baik.
5. Penggunaan kecakapan era 21 dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik.
6. Menguraikan hambatan selama menerapkan pembelajaran HOTS secara jelas.

Rubrik Penilaian:

Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Enam aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Empat sesuai dengan kriteria, dua  aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tiga sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


Download Lk-8 laporan best practice catatan refleksi praktik pembelajaran (Tagihan IN 4), Disini

Demikian informasi yang sanggup kami berikan perihal lk-8 best praktice PKP SD 2019


Sumber https://guru-baik1.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel