Rpp 1 Lembar Bahasa Indonesia Wajib Kelas X Sma/Ma/Smk Revisi 2020

Download rpp bahasa indonesi wajib kelas 10. Download rpp kurikulum 2013 bahasa indonesia. RPP Bahasa Indonesia materi Isi pokok laporan hasil observasi. Terkait dengan pembuatan RPP 1 lembar bahasa indonesia kelas X, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan bahwa terkait kebijakan merdeka belajar, maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) perlu disederhanakan (Jpnn.com).
Download rpp bahasa indonesi wajib kelas  RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Wajib Kelas X SMA/Ma/SMK Revisi 2020
Baca juga : RPP 1 Lembar Penjas Kelas XI Sekolah Menengan Atas Revisi 2020. RPP yang para rekan guru buat dengan belasan komponen ibarat
  1. identitas sekolah,
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema
  3. kelas dan semester
  4. materi pokok
  5. alokasi waktu
  6. tujuan pembelajaran,
  7. Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi
  8. materi pembelajaran
  9. metode pembelajaran
  10. media pembelajaran
  11. sumber berguru
  12. langkah-langkah pembelajaran
  13. penilaian hasil pembelajaran.
Dalam rpp 1 lembar bahasa indonesia kelas 10 revisi 2020, dari ketigabelas komponen tersebut disederhanakan menjadi TIGA KOMPONEN saja yaitu: tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran serta evaluasi pembelajaran (assessment), sedangkan komponen yang lain hanya bersifat sebagai pelengkap.

Saatnya guru bahasa indonesia kelas 10 SMA/SMK/MAK Mengikuti aba-aba pak mendikbud yakni menciptakan RPP satu lembar bahasa indonesia kelas x yang merupakan kiprah Wajib guru bahasa indonesia.

Semoga dengan format sederhana ini tujuan dari pembelajaran sanggup tercapai sehingga Pembelajaran dikelas lebih efektif dan efesien.

Adapun bagi rekan-rekan guru mata pelajaran bahasa indonesia khususnya kelas x yang mencari pola Formatnya sebagai rujukan Insya allah di blog ini akan admin bagikan. sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Lesson plan ini disusun sesuai dengan edaran no 14 tahun 2019.

Hanya tiga komponen saja sudah cukup dimuat dalam RPP bahasa indonesia anda. Komponen rpp kurikulum 2013 bahasa indonesia yang dimaksud sudah admin jelaskan di atas.

Baik, pribadi saja berikut rpp 1 lembar bahasa indonesia kelas x sma/ma/smk revisi 2020 dengan materi Isi pokok laporan hasil observasi :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                                   : SMA Negeri ………………………
Mata Pelajaran                                      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                                      : X / Ganjil
Materi Pokok                                         :  Isi pokok laporan hasil observasi
Alokasi Waktu                                       :  4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik dibutuhkan dapat:
1.       Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan ekspresi dan tulis.
2.       Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara ekspresi maupun tulis.

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                       : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan             : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar     : Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016; Internet

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, menilik kehadiran akseptor didik sebagai perilaku disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi wacana apa yang sanggup diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Isi pokok laporan hasil observasi : pernyataan umum dan hal yang dilaporkan.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode berguru yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan materi bacaan terkait materi Isi pokok laporan hasil observasi : pernyataan umum dan hal yang dilaporkan.
Critical Thinking
Guru memperlihatkan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi pokok laporan hasil observasi : pernyataan umum dan hal yang dilaporkan.
Collaboration
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi pokok laporan hasil observasi : pernyataan umum dan hal yang dilaporkan.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan lalu ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan akseptor didik menciptakan kesimpulan wacana hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi pokok laporan hasil observasi : pernyataan umum dan hal yang dilaporkan. Peserta didik lalu diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
Guru menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes ekspresi / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-        Penilaian Keterampilan berupa evaluasi unjuk kerja, evaluasi proyek, evaluasi produk dan evaluasi portofolio
­­­

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

Demikianlah rpp bahasa indonesia materi Isi pokok laporan hasil observasi kelas 10 model 1 lembar revisi 2020. Jangan lupa bantu share.
Sumber https://landasanpendidikan2.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel